Kreator Konten AS Ramai Pindah ke Aplikasi Ini Jelang Blokir TikTok
- id.pinterest.com
VIVATechno – Jelang pelarangan TikTok di Amerika Serikat pada 19 Januari 2025, para kreator konten mulai beralih ke platform media sosial asal China lainnya, RedNote dan Lemon8.
RedNote, yang merupakan versi Amerika dari aplikasi Xiaohongshu, berhasil mencapai posisi teratas di Apple App Store pada Senin (13/1).
Platform yang berbasis di Shanghai ini telah beroperasi sejak 2013 dan kini menjadi pesaing kuat bagi Alibaba dan Douyin di pasar media sosial dan e-commerce.
Menurut South China Morning Post (SCMP), RedNote telah mengumpulkan 300 juta pengguna aktif per Juli 2024.
"Platform aplikasi bergaya Instagram tempat konsumen muda berbagi kiat gaya hidup" ini "berusaha menjadi kekuatan baru di pasar e-commerce yang padat di negara ini," tulis SCMP.
Di Google Play Store, RedNote mendeskripsikan dirinya sebagai "platform gaya hidup bagi kaum muda untuk berbagi pengalaman, menjelajahi dunia yang nyata, indah, dan beragam, serta menemukan gaya hidup yang mereka inginkan".
Sementara itu, Lemon8 yang juga berasal dari ByteDance, perusahaan induk TikTok, mulai mendapat perhatian signifikan dari pengguna AS.
Meski belum sebesar TikTok yang memiliki 170 juta pengguna di AS, Lemon8 terus menunjukkan pertumbuhan pengguna yang pesat dalam sebulan terakhir.
Data dari firma riset SameWeb mencatat Lemon8 telah memiliki lebih dari 1 juta pengguna aktif harian di AS.
Sensor Tower, perusahaan intelijen pasar, melaporkan bahwa Lemon8 telah mencapai 12,5 juta pengguna aktif bulanan secara global per 24 Desember 2024.
Platform ini menawarkan fitur serupa dengan TikTok, termasuk feed "mengikuti" dan "For You", serta kategorisasi konten berdasarkan tema seperti hubungan, kesehatan, dan perawatan kulit.
ByteDance, yang juga mengoperasikan Douyin di China, belum mengungkapkan angka resmi pengguna Lemon8 baik secara global maupun di AS.
Selain Lemon8, ByteDance juga memiliki aplikasi pengeditan video CapCut dan aplikasi pengeditan foto Hypic yang tersedia secara internasional.
Tren perpindahan kreator konten ke platform alternatif ini menunjukkan dampak signifikan dari kebijakan pelarangan TikTok terhadap lanskap media sosial di AS.
Meski masih dalam tahap awal, pertumbuhan pesat RedNote dan Lemon8 mengindikasikan potensi kedua platform ini untuk mengisi kekosongan yang akan ditinggalkan TikTok di pasar AS.****