Waspada Penipuan Berkedok Perbaikan Akun SeaBank, Ini Modus dan Cara Menghindarinya

Perbaikan Akun SeaBank
Sumber :
  • SeaBank

VIVATechno – Maraknya modus penipuan berkedok "perbaikan akun SeaBank" menjadi perhatian serius bagi para pengguna layanan keuangan digital. Dalam laporan yang dipublikasikan melalui laman resmi SeaBank Indonesia, sejumlah penipu dilaporkan menyamar sebagai petugas resmi dan menghubungi korban untuk menginformasikan adanya masalah pada akun mereka.

Waspada Penipuan Digital: Tips Aman Transaksi Menggunakan GoPay

Pelaku biasanya menghubungi korban lewat telepon atau pesan, lalu mengarahkan agar korban menyerahkan data pribadi seperti PIN, password, dan kode OTP. Mereka juga kerap meminta korban untuk membuka tautan mencurigakan, mengunduh aplikasi, atau bahkan mentransfer uang ke rekening tertentu dengan dalih sebagai bagian dari prosedur perbaikan akun.

Berdasarkan laman resmi SeaBank yang telah merilis hal-hal yang perlu diketahui oleh pengguna e-wallet untuk menghindari modus penipuan, khususnya pengguna SeaBank.

ShopeePay Permudah Akses Keuangan Digital dengan Program Bebas Biaya, Ini Dia Cara Memanfaatkan Fiturnya!

Modus yang Perlu Diwaspadai:

  • Mengaku sebagai petugas SeaBank atau institusi resmi lainnya.
  • Meminta informasi sensitif: kode OTP, PIN, atau password.
  • Mengirim tautan phishing yang mengandung malware.
  • Menyarankan membuka rekening baru untuk “perbaikan akun”.
  • Mengajak korban mengajukan pinjaman online.
  • Meminta transfer dana ke rekening pribadi pelaku.
  • Memberikan ancaman pemblokiran akun jika tidak mengikuti arahan.

Langkah-Langkah Pencegahan:

Diam-diam Mematikan, Kenali Risiko dan Pencegahan Keracunan Karbon Monoksida di Mobil

Perlu diingat bahwasanya SeaBank tidak pernah meminta transfer uang ke rekening pribadi. Maka dari itu, SeaBank mengimbau masyarakat untuk:

Halaman Selanjutnya
img_title