Tiga Penyebab Aki Motor Cepat Rusak, Ini Solusi Agar Tidak Tekor

Tiga Penyebab Aki Motor Cepat Rusak
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno – Aki motor cepat tekor atau habis bahkan setelah penggantian bisa membuat pengendara frustrasi dan mengeluarkan biaya lebih.

Test Drive Helm Half-Face vs Full-Face: Mana yang Lebih Nyaman dan Aman Buat Harian?

Masalah ini ternyata bukan terletak pada aki itu sendiri, melainkan pada sistem kelistrikan motor yang bermasalah.

Kenali Masalah pada Kiprok Motor

Kiprok merupakan komponen vital dalam sistem pengisian aki motor.

Bahan 10 Ribu Rupiah Ini Bisa Bikin Motor Lama Mengkilat Hitam Seperti Baru

Fungsinya tidak hanya mengubah listrik AC menjadi DC untuk disimpan di aki, tetapi juga mengatur arus listrik.

"Kalau misalkan kiproknya rusak itu otomatis nggak ada pengisian atau enggak ada arus listrik yang ke aki, akhirnya aki baru pun yang voltasenya normal jadi nggak bisa nyimpen dan akhirnya aki baru jadi soak lagi," jelas kanal YouTube MOTOR Plus.

Cara Membersihkan Mika Lampu Kusam Pakai Satu Bahan Ini, Bikin Motor Terang Benderang

Pada motor modern, kiprok seringkali terintegrasi dengan ECU, terutama pada motor dengan starter tipe spool seperti Honda dengan sistem ACG atau Yamaha dengan SMG.

Untuk memeriksa kondisi kiprok, pengguna bisa menggunakan multimeter, voltmeter, atau cara sederhana dengan meraba suhu kiprok saat mesin menyala.

Kiprok yang dingin saat mesin hidup menandakan komponen tersebut rusak.

Periksa Kondisi Kabel Kelistrikan

Kabel yang terkelupas atau rusak dapat menyebabkan kebocoran arus listrik.

Kondisi ini sering terjadi pada motor yang dimodifikasi kelistrikannya tanpa memperhatikan aspek keamanan.

Selain membuat aki cepat rusak, kebocoran arus juga meningkatkan risiko korsleting dan kebakaran pada motor.

Peran Penting Spul dalam Pengisian Aki

Spul berfungsi sebagai pembangkit listrik mini pada motor yang menghasilkan energi untuk mengisi aki.

Terdapat dua jenis spul pada motor: terendam oli dan kering.

Untuk spul terendam oli yang umumnya terdapat pada motor bebek atau sport, penyebab kerusakan biasanya adalah volume oli yang dibiarkan berkurang tanpa penggantian sehingga salah satu kumparannya gosong.

Pada motor matik modern seperti NMAX, PCX, atau Aerox yang menggunakan spul kering, masalah seringkali terjadi pada seal as pemutar spul yang sudah getas atau bocor, menyebabkan oli merembes dan menutup kumparan spul.

"Jadi kalau teman-teman akinya sering soak udah ganti baru soak lagi ganti baru soak lagi terus, jangan ganti akinya nih. Cek dulu tuh kiprok, kabel, dan spul," saran dari kanal tersebut.****