Netral atau Drive Saat Lampu Merah? Ini Pilihan Tepat Agar Transmisi Mobil Matik Anda Awet
- id,pinterest.com
VIVATechno – Perdebatan posisi tuas transmisi matik saat berhenti di lampu merah telah lama menjadi perbincangan di kalangan pengemudi.
Haruskah kita memposisikan tuas di "N" (Netral) atau tetap di "D" (Drive)?
Pemilihan yang tepat ternyata sangat berpengaruh terhadap usia pakai transmisi matik kendaraan Anda.
Menurut pengujian yang dilakukan dengan mobil transmisi matik CVT, ditemukan bahwa posisi "D" saat berhenti menghasilkan slip RPM hingga 127, sementara posisi "N" menghasilkan slip yang jauh lebih rendah.
"Ketika dia dinetralkan, slipnya menjadi lebih pendek. Kalau slipnya semakin tinggi, maka kampasnya gesekannya akan semakin besar," ungkap pakar otomotif dalam video yang dirilis kanal YouTube AHA Pedia.
Dampak Posisi Tuas Transmisi pada Komponen Matik
Transmisi matik bekerja berdasarkan putaran yang diteruskan dari mesin ke roda melalui kampas.