iPad Air M3 Cuma Ganti Chipset, Apple Genius Bisnis Nih!

iPad Air M3
Sumber :
  • YouTube

VIVATechnoApple meluncurkan iPad Air M3 yang baru rilis Maret 2025 dengan upgrade minimal. Bedanya dengan iPad Air M2 yang umurnya belum setahun cuma di chipset M3. Sisanya plek ketiplek sama dari kotak, desain, ukuran, port, sampai posisi kamera.

Bukan Samsung dan Apple, 4 Brand Tablet Ini Tawarkan Spesifikasi Tinggi di Harga Rasional

Ini adalah seri iPad yang paling hambar yang pernah ada beberapa waktu terakhir. Apple tidak malu-malu lagi tunjukkan kejeniusan berbisnis mereka di sini. Modal seminimal mungkin tapi tetap bisa menghasilkan produk baru yang laku keras.

Desain dan Spesifikasi Sama

Pasar PC Mulai Lesu, IDC Ungkap Penyebab Laptop Makin Mahal

Kotak iPad Air M3 dan M2 sama persis bahkan gambarnya pun identik. Bentuk iPad, desain, ukuran, port, dan posisi kamera depan belakang tidak berubah. Magic keyboard beda dikit karena Apple rilis khusus iPad Air dengan bolong kamera pas.

Pensil support Apple Pencil Pro saja, pensil sebelumnya tidak bisa dipakai. Spek layar tidak berubah sama sekali dari ukuran, panel, resolusi, sampai refresh rate. Refresh rate masih 60Hz karena bukan iPad Pro yang lebih premium.

Apple Naikkan Harga iPhone di Indonesia, Ini Daftar Lengkapnya

Chipset M3 Satu-Satunya

iPad Air M3

Photo :
  • id.pinterest.com

Satu-satunya upgrade adalah chipset M3 yang lebih baru dari M2. Copy paste iPad Air M2 terus ganti chipset jadi M3 jadilah produk baru. Media engine beda sedikit dengan support 8K, ProRes, dan ProRes RAW lebih baik.

Kombinasi chipset kencang memudahkan editing RAW video pakai ProRes atau multiple cam. Performa secara umum mirip-mirip saja dengan versi tahun lalu untuk penggunaan normal. Mayoritas orang belum maksimalkan potensi 100% iPad Air M2, apalagi sampai nge-lag.

Baterai Tidak Berubah

Chipset baru biasanya lebih efisien alias baterai lebih awet dengan daya lebih sedikit. Tapi di website Apple bagian baterai iPad Air M2 dan M3 tulisannya sama. Chipset baru tidak berpengaruh ke daya tahan baterai sama sekali, aneh memang.

Selama pemakaian juga tidak terasa perbedaan daya tahan baterai dengan tipical iPad. Software juga sama sebagai iPad baru jualan Apple Intelligence yang medioker. iPad Air M2 dan M1 juga bisa pakai Apple Intelligence, tidak spesial.

Halaman Selanjutnya
img_title