Tiga Penyebab Aki Motor Cepat Rusak, Ini Solusi Agar Tidak Tekor

Tiga Penyebab Aki Motor Cepat Rusak
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno – Aki motor cepat tekor atau habis bahkan setelah penggantian bisa membuat pengendara frustrasi dan mengeluarkan biaya lebih.

Ban Motor Awet Sampai Bertahun-tahun dengan 4 Tips Sederhana Ini, Hemat Jutaan Rupiah

Masalah ini ternyata bukan terletak pada aki itu sendiri, melainkan pada sistem kelistrikan motor yang bermasalah.

Kenali Masalah pada Kiprok Motor

Kiprok merupakan komponen vital dalam sistem pengisian aki motor.

Banyak yang Salah Atur Tekanan Angin Ban Motor, Padahal Segini Rekomendasi Pabriknya!

Fungsinya tidak hanya mengubah listrik AC menjadi DC untuk disimpan di aki, tetapi juga mengatur arus listrik.

"Kalau misalkan kiproknya rusak itu otomatis nggak ada pengisian atau enggak ada arus listrik yang ke aki, akhirnya aki baru pun yang voltasenya normal jadi nggak bisa nyimpen dan akhirnya aki baru jadi soak lagi," jelas kanal YouTube MOTOR Plus.

Cara Mudah Masukkan Tanda Tangan ke File PDF Tanpa Aplikasi Berbayar, Cuma Pakai Browser

Pada motor modern, kiprok seringkali terintegrasi dengan ECU, terutama pada motor dengan starter tipe spool seperti Honda dengan sistem ACG atau Yamaha dengan SMG.

Halaman Selanjutnya
img_title