Netral atau Drive Saat Lampu Merah? Ini Pilihan Tepat Agar Transmisi Mobil Matik Anda Awet
- id,pinterest.com
VIVATechno – Perdebatan posisi tuas transmisi matik saat berhenti di lampu merah telah lama menjadi perbincangan di kalangan pengemudi.
Haruskah kita memposisikan tuas di "N" (Netral) atau tetap di "D" (Drive)?
Pemilihan yang tepat ternyata sangat berpengaruh terhadap usia pakai transmisi matik kendaraan Anda.
Menurut pengujian yang dilakukan dengan mobil transmisi matik CVT, ditemukan bahwa posisi "D" saat berhenti menghasilkan slip RPM hingga 127, sementara posisi "N" menghasilkan slip yang jauh lebih rendah.
"Ketika dia dinetralkan, slipnya menjadi lebih pendek. Kalau slipnya semakin tinggi, maka kampasnya gesekannya akan semakin besar," ungkap pakar otomotif dalam video yang dirilis kanal YouTube AHA Pedia.
Dampak Posisi Tuas Transmisi pada Komponen Matik
Transmisi matik bekerja berdasarkan putaran yang diteruskan dari mesin ke roda melalui kampas.
Kampas ini bekerja karena adanya tekanan piston yang diatur oleh body control valve dan solenoid.
Saat posisi "D" dan kendaraan berhenti, terjadi gesekan tinggi pada kampas karena putaran mesin tidak dapat diteruskan ke output yang sedang diam.
Gesekan tinggi ini menyebabkan kampas tergerus lebih cepat dan oli transmisi matik menjadi lebih cepat kotor.
"Sayang sekali kalau mobil kita itu dilihat di lampu merah memposisikan tuas mobil matic nya di Drive. Kampasnya itu bisa habis, olinya cepat kotor," jelas pakar dari AHA Pedia tersebut.
Kerusakan Jangka Panjang pada Transmisi Matik
Posisi "D" saat berhenti tidak hanya mempengaruhi kampas dan oli transmisi, tetapi juga komponen lainnya. Pada mobil CVT, slip yang tinggi menyebabkan potensi panas tinggi yang meningkatkan point release dan memperpendek usia belt puli.
Efek eksternal juga terjadi pada driveshaft yang tertahan dan bergetar terus-menerus, mounting mesin dan transmisi yang menahan hentakan, hingga kampas rem yang lebih cepat mendidih dan habis.
Oli transmisi yang cepat kotor akibat gesekan tinggi akan mempengaruhi body control valve.
Kotoran pada valve dapat menyebabkan perpindahan gigi terganggu dan tekanan oli tidak maksimal, mengakibatkan slip yang lebih tinggi lagi pada transmisi matik.
Untuk memperpanjang usia transmisi matik Anda, sebaiknya posisikan tuas di "N" saat berhenti di lampu merah.
Jika parkir dalam waktu lama, gunakan posisi "P" untuk mengunci output transmisi.****