Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi dan Selalu Drop, Rawat dan Perbaiki dengan Cara Ini!

Penyebab Aki Motor Selalu Drop
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno – Para pemilik motor sering kali mengalami masalah aki yang selalu drop dan tidak mengisi.

Cuma 2 Detik! Website Ajaib Ini Bisa Ubah Gambar Coret-Coret Jadi Karya Seni

Masalah ini kerap diatasi dengan mengganti kiprok yang harganya tidak murah.

Padahal, penyebab aki motor tidak mengisi bisa jadi hanya karena kabel yang putus atau soket yang kotor.

Mengidentifikasi Penyebab Aki Motor Drop

Kompresor AC Mobil Awet Sampai Bertahun-tahun? Ikuti 5 Cara Perawatan Sederhana Ini!

Aki motor yang terus-menerus drop dan tidak mengisi merupakan masalah umum yang sering dialami pengendara.

Ketika mengalami masalah aki motor drop, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sistem pengisian.

Transmisi Matic Awet Sampai Ratusan Ribu KM? Ini 5 Rahasia Perawatan yang Jarang Diketahui!

Pengecekan spul menjadi hal krusial untuk mengetahui apakah arus listrik mengalir dengan baik.

Penyebab aki motor tidak mengisi bisa bermacam-macam, mulai dari spul yang rusak, kiprok bermasalah, hingga kabel yang putus.

"Nah jadi penyakitnya itu dari kiprok ke Aki nih yang bermasalah," ungkap Eric dari kanal YouTube Eric Motor saat memeriksa motor Suzuki Skydrive yang mengalami masalah aki drop.

Temuan Sebenarnya: Kabel Putus

Setelah diperiksa lebih lanjut, ternyata penyebab aki motor tidak mengisi pada kasus ini adalah kabel merah yang putus antara soket dan aki.

Kabel yang menghubungkan kiprok dengan aki ini terputus di bagian skun, sehingga arus listrik tidak dapat mengalir ke aki.

"Ternyata permasalahannya di sini Bos nih yang kabel merah ini nih. Nah yang kabel merah ini dia copot," jelas Eric saat menemukan akar masalah.

Tips Perawatan Aki Motor

Untuk mencegah aki motor selalu drop, pemilik motor perlu melakukan perawatan rutin.

Penyebab aki motor tidak mengisi bisa dihindari dengan memeriksa soket-soket pengisian secara berkala dan memastikan tidak ada kabel yang ngelupas atau terputus.

Selain itu, penggunaan motor secara teratur juga penting untuk menjaga umur aki.

Sistem pengisian pada motor umumnya bekerja optimal saat RPM di atas 2000, sehingga motor perlu dibawa jalan minimal tiga hari sekali atau selambat-lambatnya seminggu sekali.

Hemat Biaya Perbaikan

Dengan mengetahui penyebab aki motor tidak mengisi, pemilik motor dapat menghemat biaya perbaikan.

Sebelum memutuskan untuk mengganti kiprok yang harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, periksa terlebih dahulu soket-soket pengisian dan kabel-kabel yang terhubung ke aki.

Pemeriksaan menyeluruh pada sistem pengisian dapat mengidentifikasi masalah yang sebenarnya, sehingga pemilik motor tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengganti komponen yang sebenarnya masih berfungsi dengan baik.****