Tips Perawatan Motor Ojol dan Kurir, Cegah Kerusakan, Tingkatkan Umur Mesin

Tips Perawatan Motor untuk Ojol dan Kurir
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno – Bagi pengendara ojek online (ojol) dan kurir barang, motor merupakan aset utama yang harus selalu dalam kondisi prima.

Mau Beli Motor Bekas yang Bagus? Ikuti 8 Tips Cek Ini Biar Tidak Nyesal

Perawatan berkala tidak hanya menjaga performa motor tetapi juga menghindarkan dari biaya perbaikan yang mahal dan downtime saat bekerja.

Rekomendasi perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur mesin motor dan menjamin kelancaran pekerjaan sehari-hari.

Tips Perawatan Umum untuk Semua Jenis Motor

Leher Knalpot Motor Kusam? Trik Bahan 12 Ribu Rupiah Ini Bisa Bikin Hitam Mengkilap Lagi!

Untuk menjaga kesehatan motor baik matic maupun manual, ada beberapa perawatan dasar yang mutlak dilakukan.

Penggantian oli mesin secara rutin menjadi kunci utama.

Begini Cara Pasang Action Cam di Helm, Biar Tangkapan Kamera Tajam & Aman

"Oli wajib banget diganti per 2000 KM tentang apapun kalian memakai mereknya, ya motor yang standar dari pabrikan maupun yang after market," ungkap Andrea Varenz melalui kanal YouTube-nya.

Selain penggantian oli, saringan udara juga perlu dibersihkan setiap 2.500 km atau bersamaan dengan penggantian oli.

Untuk mesin tipe karburator maupun injeksi, pembersihan throttle sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km sesuai standar pabrikan.

Sementara itu, busi harus diganti setiap 5.000 km.

Tips Perawatan Khusus Motor Manual

Motor manual memiliki sistem penggerak berupa rantai dan gir yang memerlukan perawatan khusus.

Untuk rantai, direkomendasikan menggunakan yang standar atau kualitas lebih baik seperti merek Shinoya atau Regina dari Italia.

Umur pemakaian rantai berkisar 20.000-25.000 km.

Pembersihan rantai sebaiknya dilakukan setiap 1-2 minggu menggunakan chain lubricant khusus.

Andrea menekankan, "Jangan pakai oli bekas karena ya oli bekas itu bikin rantai lebih lengket dan kotoran ataupun debu-debu lebih mudah menempel."

Kondisi kampas kopling juga perlu dicek setiap 5.000 km untuk memastikan kelayakan pakainya.

Tips Perawatan Khusus Motor Matic

Motor matic menggunakan sistem CVT (Continuously Variable Transmission) yang membutuhkan perawatan berbeda.

Sistem CVT perlu dibersihkan setiap 5.000 km, sebaiknya oleh mekanik berpengalaman jika pengendara tidak memiliki keterampilan teknis.

Komponen-komponen dalam CVT seperti roller, v-belt, dan kampas ganda sebaiknya diganti setiap 15.000-20.000 km.

Sementara itu, oli gardan direkomendasikan untuk diganti setiap 5.000 km atau setiap dua kali penggantian oli mesin.

Dengan menerapkan jadwal perawatan yang rutin dan tepat, motor para ojol dan kurir dapat tetap andal melayani pelanggan setiap hari.

Catat jadwal perawatan dan pantau odometer secara berkala untuk memastikan tidak ada perawatan yang terlewat.****