7 Ciri Kerusakan Rotak Motor Injeksi yang Bikin Motor Brebet dan Mati

Ciri Kerusakan Rotak Motor Injeksi
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno Motor injeksi yang tiba-tiba brebet atau mati di tengah jalan bisa jadi disebabkan oleh kerusakan pada komponen rotak atau fuel pump.

Tips Memilih Oli Matic Terbaik, Akselerasi atau Mesin Halus untuk Kendaraan Anda

Mengenali gejala kerusakan rotak pada motor injeksi dapat membantu pemilik motor untuk segera melakukan penggantian sebelum kerusakan bertambah parah.

Brebet Saat Tarikan Awal

Gejala pertama yang sering muncul pada motor dengan rotak lemah adalah mesin yang brebet saat tarikan awal.

8 Rekomendasi Merek Aki Motor Terbaik untuk Performa Optimal dan Masa Pakai Panjang

"Apabila disitu terjadi mblebek ketika tarikan awal maka dipastikan masalahnya adalah di rotaknya sudah melemah," jelas sumber dari kanal YouTube Roni Motor 354.

Mati Mendadak Saat Gas Disentak

Motor yang tiba-tiba mati saat gas disentak juga menjadi indikasi kerusakan rotak.

Aki Tekor dalam Sehari, Penyebab Utama dan Solusi Perbaikan pada Motor

Ketika rotak mulai melemah, motor bisa lancar saat digas pelan-pelan namun akan mati bila gas diberikan secara mendadak.

Performa Berbeda Saat Mesin Panas dan Dingin

Perbedaan performa saat mesin panas dan dingin juga perlu diwaspadai.

Motor dengan rotak bermasalah biasanya lancar saat mesin panas, tetapi akan mengalami masalah ketika mesin dalam kondisi dingin.

Tidak Berakselerasi Meski Gas Maksimal

Pada motor Beat, ciri khas rotak lemah adalah mesin tidak mau berakselerasi meski gas sudah ditarik maksimal.

Tenaga motor terasa kurang meskipun gas sudah ditarik penuh.

Mati Setelah Menempuh Jarak Jauh

Motor juga bisa mati sendiri setelah menempuh jarak sekitar 10 kilometer.

Setelah didinginkan, motor bisa menyala kembali namun akan mengalami masalah yang sama setelah menempuh jarak tertentu.

Mati Setelah Digunakan Beberapa Meter

Untuk motor Yamaha seperti Mio J dan Mio GT, gejala kerusakan rotak ditandai dengan mesin yang mati setelah digunakan beberapa meter.

"Mati sendiri setelah itu di starter gampang bunyi lagi, kemudian dipakai lagi mati-mati lagi," ungkap sumber dari kanal YouTube Roni Motor 354.

RPM Tinggi Terus-Menerus

Sementara pada Honda Supra X 125 injeksi, motor dengan rotak bermasalah cenderung memiliki RPM tinggi terus-menerus dan tidak mau langsam.

Solusi dan Rekomendasi Penggantian

Penggantian rotak menjadi solusi utama untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Harga rotak aftermarket yang berkualitas baik sekitar Rp100.000, sedangkan untuk yang original bisa mencapai Rp300.000.

Meski lebih murah, perlu diketahui bahwa rotak aftermarket memiliki ketahanan yang bervariasi.

Ada yang bertahan hingga satu tahun, namun ada pula yang hanya bertahan satu hingga tiga bulan.****