Bahaya Motor Injeksi Kehabisan Bensin Hingga Mati Total, Bisa Rusak Komponen Ini

Bahaya Motor Matic Injeksi Kehabisan Bensin
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechnoMotor matic injeksi saat ini menjadi pilihan utama banyak pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

5 Ide Modifikasi Ringan Motor Matic, Tampil Kece Tanpa Kehilangan Garansi

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan membiarkan bensin hampir habis dapat merusak komponen penting pada motor Anda?

Dampak Berbahaya Kehabisan Bensin pada Motor Injeksi

Motor injeksi memiliki sistem yang berbeda dibandingkan motor karburator.

5 Komponen Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Salah satu komponen krusial pada motor injeksi adalah pompa bensin atau rotax yang berada di dalam tangki bahan bakar.

"Jadi kalau misalkan eh sering kehabisan bensin yang rusaknya itu BAN komstir ataupun rem yang rusak awalnya berhubungannya pasti bensin itu dengan rotax dengan pompa bensin," jelas sumber dari kanal YouTube Riki Vman.

Tips Keringkan Motor Setelah Kena Hujan, Biar Gak Karatan dan Awet!

Pompa bensin pada motor injeksi seharusnya selalu terendam bensin. Hal ini karena bensin berfungsi sebagai pendingin pompa.

Ketika motor beroperasi, pompa bensin bekerja keras dan menghasilkan panas yang harus dibuang.

Jika bensin sering berada di level rendah atau hampir habis, pompa tidak terendam sempurna dan tidak bisa melepaskan panas dengan baik.

Kondisi ini akan membuat pompa bensin cepat panas dan lama-kelamaan menjadi lemah.

Ciri-ciri Pompa Bensin yang Rusak

Motor dengan pompa bensin yang sudah lemah akan menunjukkan beberapa gejala.

Pada motor Honda matic, biasanya gas awal terasa ngempos (tidak responsif) saat mesin masih dingin.

Jika diukur dengan pressure gauge, tekanan pompa bensin akan berkurang dari nilai normal sekitar 42 menjadi 32 atau 35.

Kondisi ini tentu akan memengaruhi performa motor secara keseluruhan.

Cara Menghidupkan Motor yang Kehabisan Bensin

Banyak yang beranggapan bahwa motor injeksi yang kehabisan bensin tidak bisa hidup lagi.

Faktanya, motor tetap bisa dihidupkan tetapi dengan cara yang benar.

"Kalau misalkan kehabisan bensin berarti Harusnya itu dikontakkan dulu lima kali di kompak dulu ya bensinnya biar Bensinnya itu nyampe ke injektor karena kalau kehabisan bensin biasanya di rotax nya kosong di injectornya kosong," ungkap sumber dari kanal YouTube Riki Vman.

Cara tersebut perlu dilakukan agar bensin dapat mengalir dari tangki hingga ke injektor.

Kesalahan yang sering terjadi adalah pengguna langsung menstarter motor setelah mengisi bensin, akibatnya motor sulit hidup.

Jika terus memaksa starter, justru akan merusak komponen lain seperti dinamo starter, aki, hingga bendik yang bisa menyebabkan kerusakan lebih parah.

Tips Merawat Sistem Bahan Bakar Motor Injeksi

Untuk menjaga pompa bensin tetap awet, sebaiknya jangan biarkan bensin dalam tangki kurang dari 1 liter saat digunakan.

Idealnya, isikan kembali bensin sebelum indikator bensin mencapai tanda merah.

Meski dalam perjalanan jauh terkadang sulit menemukan pom bensin, usahakan untuk selalu menjaga level bensin agar pompa tetap terendam dan terlindungi dari kerusakan akibat panas berlebih.

Dengan perawatan yang tepat, komponen pompa bensin pada motor injeksi dapat bertahan lebih lama dan menghemat biaya perbaikan di kemudian hari.****