Rahasia Modifikasi Yamaha XMAX 250 Jadi 344cc dengan Power Dobel

Modifikasi Yamaha XMAX 250
Sumber :
  • Youtube Harald Arkan

VIVATechno – Bagi pengendara motor skutik besar yang ingin meningkatkan performa motornya, modifikasi mesin menjadi pilihan yang menarik untuk mendapatkan tenaga lebih besar.

Jangan Pakai Oli Bekas Buat Rantai Motor! Bahan Ini Lebih Ampuh dan Bikin Awet

Motor Yamaha XMAX 250 standar bisa ditingkatkan performanya hingga dua kali lipat melalui proses bore up ke 344cc.

Berdasarkan data dari bengkel Sportis, XMAX 250 standar menghasilkan tenaga sekitar 17-18 HP.

Terungkap! Waktu Ideal Memanaskan Mobil di Pagi Hari yang Bikin Mesin Lebih Awet

Setelah dilakukan bore up ke 344cc, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 32-33 HP.

Proses Modifikasi Mesin

Yamaha WaveRunner VX: Jet Ski Sultan yang Bisa Jadi Milik Kamu Juga

Untuk mencapai performa tersebut, beberapa komponen yang perlu diganti antara lain blok piston dengan ukuran 76, crankshaft menggunakan komponen original Yamaha XMAX 300, injektor XMAX 300, dan ECU custom untuk mapping bahan bakar dan pengapian.

Bagian CVT juga akan mendapat sentuhan khusus dengan racikan custom dari bengkel.

Adapun head cylinder tetap menggunakan standar dengan coating polish.

Knalpot juga perlu disesuaikan dengan custom pipa sesuai spesifikasi mesin yang sudah di-upgrade.

"Setelah kita up 344 tuh biasanya bisa 30 HP lebih lah, 32-33," ungkap mekanik Sportis dalam video Harald Arkan.

Waktu dan Biaya

Proses pengerjaan bore up membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Total biaya yang dibutuhkan sekitar Rp5 juta sudah termasuk jasa, komponen, ECU, dan dyno testing.

Harga tersebut belum termasuk knalpot custom.

Perawatan Pasca Modifikasi

Setelah proses bore up selesai, motor perlu melalui masa running-in sejauh 500 kilometer.

"Pakai biasa aja, enggak ada masalah asal jangan terus digaspol terus-terusan," jelas mekanik Sportis seperti dikutip dari kanal YouTube Harald Arkan.

Setelah masa running-in selesai, motor perlu dibawa kembali ke bengkel untuk pengecekan final dan setting ulang ECU.

Opsi bore up lebih rendah tersedia dengan pilihan 300cc yang membutuhkan biaya sekitar Rp2,5 juta dengan output tenaga sekitar 25-26 HP.****