Mobil Overheat Tapi Tidak Ada Kebocoran? Ini Penyebab Tersembunyi yang Jarang Diketahui

Penyebab Mobil Overheat
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechnoMobil overheat memang masalah yang sering dialami pengendara.

Spesifikasi dan Diskon Menarik Toyota New Kijang Innova Zenix OTR Bandung

Ketika temperatur mesin naik hingga mendekati zona merah, banyak yang langsung panik.

Namun, bagaimana jika mobil overheat tapi tidak ditemukan kebocoran di radiator atau selang?

Nikmati Promo Cashback hingga 5 Juta! New Honda Accord 2025 Bawa Desain Premium dan Fitur Mewah

Ternyata, ada penyebab tersembunyi yang sering luput dari perhatian. Masalah overheat tanpa kebocoran ini bisa disebabkan oleh kompresi mesin yang bocor ke sistem pendingin.

Mari kita bahas lebih dalam mengenai penyebab overheat yang satu ini.

Ciri-Ciri Overheat Tanpa Kebocoran

Jarang Dipakai? Ini Risiko & Manfaat Mencabut Aki Mobil Saat Parkir Lama

Ketika mobil mengalami overheat, hal pertama yang biasa diperiksa adalah kebocoran.

Namun, tidak semua kasus overheat disebabkan oleh kebocoran eksternal.

Ciri utama masalah ini adalah temperatur mesin yang naik drastis meski tidak ada tanda kebocoran di radiator, selang, atau water pump.

Cara Mendiagnosis Masalah

Untuk mendeteksi masalah overheat tanpa kebocoran, panaskan mesin selama 10-15 menit hingga mencapai suhu kerja.

Setelah thermostat terbuka, perhatikan aliran air radiator saat mesin digas.

Jika aliran normal namun masih overheat, buka tutup radiator dengan hati-hati.

Tanda Gelembung Udara Berbahaya

Indikator utama masalah ini adalah munculnya gelembung udara berlebihan di radiator.

Gunakan botol air mineral yang dipotong dan masukkan ke lubang radiator untuk melihat gelembung lebih jelas. Saat mesin digas, gelembung udara akan semakin banyak keluar.

Penyebab Utama Masalah

Gelembung udara berlebihan menunjukkan adanya kompresi mesin yang bocor ke sistem pendingin.

Hal ini bisa disebabkan oleh perpak silinder head yang rusak, silinder head yang melengkung, atau keretakan pada silinder head. Kondisi ini membuat gas kompresi masuk ke sistem pendingin.

Solusi dan Biaya Perbaikan

Satu-satunya solusi adalah membongkar silinder head untuk memeriksa keretakan dan kelengkungan.

Perpak silinder head juga harus diganti. Biaya perbaikan bervariasi tergantung jenis mobil, mulai dari Rp 2-5 juta untuk penggantian perpak hingga puluhan juta jika ada keretakan silinder head.

Overheat tanpa kebocoran memang tricky untuk didiagnosis. Namun dengan cara sederhana ini, Anda bisa mendeteksi masalah sebelum kerusakan semakin parah dan mahal.****