Mobil Hybrid dan EV Awet Bertahun-tahun, Begini Cara Perawatan Yang Benar

Tips Perawatan Mobil Listrik dan Hybrid
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechnoPerawatan mobil hybrid dan EV memerlukan perhatian khusus dibandingkan mobil konvensional.

Cuma 5 Menit! Ini Cara Atasi Mesin Mobil Overheat Tanpa Panggil Bengkel

Mobil hybrid dan EV memiliki komponen listrik yang sensitif terhadap panas. Perawatan mobil hybrid dan EV yang tepat dapat memperpanjang usia komponen.

Lima tips perawatan mobil hybrid dan EV akan dibahas secara detail. Perawatan mobil hybrid dan EV yang rutin mencegah kerusakan mahal di kemudian hari.

Tips Menghemat Baterai Laptop Saat Zoom Meeting Berjam-jam, Penting untuk Profesional!

Memahami cara perawatan mobil hybrid dan EV sangat penting bagi pemilik kendaraan ramah lingkungan.

Rutin Cek Air Coolant Khusus

Perawatan mobil hybrid dan EV dimulai dari pengecekan air coolant khusus.

3 Fitur Mobil yang Wajib Dimatikan Saat Parkir Lama, Bisa Fatal Jika Lupa

Coolant mobil hybrid dan EV menggunakan HOAT (Hybrid Organic Acid Technology) yang tidak mengantarkan listrik.

Kuras coolant sebaiknya dilakukan setahun sekali untuk menjaga performa optimal.

"Coolant ini harus tidak dapat mengantarkan listrik atau low conductivity," jelas Dokter Mobil Indonesia.

Coolant berfungsi mendinginkan baterai dan inverter pada mobil hybrid dan EV.

Perawatan AC Khusus Untuk Pendinginan Baterai

AC pada mobil hybrid dan EV memiliki fungsi ganda untuk kabin dan pendinginan baterai.

Oli kompresor AC harus menggunakan jenis khusus yang non-konduktif. Beberapa mobil menggunakan udara dingin AC untuk mendinginkan baterai secara langsung.

Ganti oli kompresor AC setahun sekali untuk mencegah kerusakan sistem pendingin. AC yang rusak menyebabkan baterai panas dan lifetime turun drastis.

Jangan Ganti Audio dan Lampu Sembarangan

Mobil hybrid dan EV dilarang mengganti audio atau lampu dengan watt tinggi.

Beban tambahan dapat merusak inverter yang merupakan komponen vital. Inverter yang rusak sulit didapat dan harganya sangat mahal.

Perawatan Aki 12 Volt Auxiliary

Meski memiliki baterai utama, mobil hybrid dan EV tetap memiliki aki 12 volt. Aki auxiliary berfungsi mengaktifkan relay sistem kelistrikan.

Gunakan aki AGM atau gel yang tahan lama untuk performa optimal.

Tune Up Rutin Untuk Mobil Hybrid

Mobil hybrid masih memerlukan tune up karena menggunakan mesin pembakaran.

EGR sering tersumbat karena blow-by gas tinggi pada sistem Atkinson cycle. Carbon cleaning dan throttle cleaning sangat penting dilakukan secara berkala.

Perawatan mobil hybrid dan EV yang tepat mencegah kerusakan mahal dan memperpanjang usia kendaraan ramah lingkungan.****