Jangan Tertipu! Kenali Modus Customer Service Palsu yang Mengincar Uangmu
- id.pinterest.com
Techno – Di era digital yang semakin canggih, kemudahan dalam bertransaksi online ternyata diiringi dengan maraknya penipuan.
Salah satu modus yang paling sering terjadi adalah penipuan berkedok customer service palsu.
Banyak korban yang tertipu karena pelaku menggunakan cara meyakinkan, berpura-pura sebagai perwakilan resmi dari perusahaan atau aplikasi keuangan seperti DANA.
Ilustrasi security system
- id.pinterest.com
Mereka menghubungi pengguna melalui WhatsApp, media sosial, atau telepon dengan dalih ingin membantu menyelesaikan masalah.
Tanpa disadari, informasi pribadi dan keuangan pun bisa jatuh ke tangan yang salah.
Banyak orang terjebak karena tidak menyadari bahwa customer service asli tidak akan menghubungi pengguna terlebih dahulu tanpa laporan resmi.
Agar tidak menjadi korban, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari penipuan customer service palsu.
Simak langkah-langkah berikut ini:
1. Konfirmasi Kebenaran Informasi
Jangan langsung percaya jika ada yang menghubungi dan mengaku sebagai customer service resmi.
Pastikan terlebih dahulu dengan melakukan pengecekan melalui fitur DANA Protection di aplikasi DANA.
Caranya, cukup salin dan tempel nomor, link, atau akun media sosial yang menghubungi ke dalam fitur tersebut untuk mengetahui keasliannya.
Ingat, customer service asli tidak akan menghubungi pengguna lebih dulu tanpa adanya laporan.
2. Laporkan Jika Mencurigakan
Apabila menemukan kontak yang mencurigakan, segera laporkan.
DANA telah menyediakan fitur Report dalam aplikasi DANA Protection yang langsung menghubungkan pengguna ke layanan Komdigi untuk tindakan lebih lanjut.
Selain itu, pengguna juga bisa mengajukan laporan ke email help@dana.id, Call Center DANA di 1500 445, atau melalui media sosial resmi DANA.
Jangan lupa untuk langsung memblokir nomor atau akun mencurigakan tersebut.
3. Monitor Setiap Komunikasi
Selalu waspada terhadap pesan atau panggilan yang mengatasnamakan customer service.
Saat ini, DANA hanya melayani keluhan pelanggan melalui DIANA di aplikasi DANA, email resmi, call center, serta akun media sosial terverifikasi.
Jika ada pihak yang menghubungi lewat WhatsApp atau platform lain yang tidak resmi, bisa dipastikan itu adalah modus penipuan.
Jangan mudah terpancing dan jangan pernah membagikan informasi pribadi.
Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu bisa lebih waspada terhadap modus penipuan customer service palsu yang semakin marak.
Jangan sampai menjadi korban hanya karena kurang berhati-hati.
Keamanan digital ada di tangan kita, jadi selalu pastikan informasi yang diterima berasal dari sumber yang terpercaya!