iPhone 16 Plus Review 2 Minggu: Lebih Worth It dari Pro Max?
VIVA Techno – iPhone 16 Plus udah dipakai selama 2 minggu lebih. Kali ini kasih waktu lebih lama supaya bisa kenal lebih jauh. Setelah pakai cukup lama, iPhone base model kali ini lebih menarik dari biasanya!
Desain agak berbeda dari iPhone 15 base model. Warna lebih colorful, saturasi lebih kelihatan. Ada warna ultramarine, teal, pink, putih, serta hitam. Layout kamera jadi vertikal dari yang diagonal.
Layar dan Refresh Rate
Spesifikasi layar masih sama bersama iPhone 15. Layar 6,1 inci untuk iPhone 16 biasa, 6,7 inci untuk Plus. Super Retina XDR Display resolusi sama bersama Dynamic Island. Refresh rate masih 60 Hz.
Buat beberapa orang ini bisa jadi deal breaker. Layar 60 Hz udah lama banget ada di iPhone non Pro. Paling tidak upgrade ke 90 Hz supaya ada bedanya. Tapi kalau upgrade dari iPhone non Pro sebelumnya, tidak akan bermasalah.
Yang bagusnya, kecerahan layar bisa diturunin sampai 1 nit. iPhone sebelumnya paling rendah 2 nit. Fitur ini membantu banget kalau pakai iPhone di situasi gelap. Mata tidak kayak disorot lampu.
Action Button dan Camera Control
iPhone 16 Plus
- -
Ada dua tombol baru di iPhone 16. Pertama action button yang sebelumnya cuma di iPhone 15 Pro. Bisa kasih ekstra fitur ke tombol di atas tombol volume. Pengaturannya ada di settings buat mode silent, fokus, buka kamera, nyalain flash, translate, dan banyak lagi.
Tombol kedua adalah camera control. Setelah pakai 2 minggu, mulai paham kenapa Apple kasih fitur ini. Tapi masih jarang banget atur pengaturan kamera dari camera control. Posisinya di bawah tombol power agak kurang pas.
Kalau foto orientasi portrait, kurang nyaman atur pengaturan kamera pakai satu tangan. Apalagi iPhone tipe Plus atau Pro Max yang lebih besar. Camera control cocok kalau pakai kamera dalam orientasi landscape aja.
Yang paling disukai, gampang banget buka kamera serta langsung foto. Tekan sekali buka kamera, tekan lagi udah bisa foto. Bisa half press buat atur exposure, mode portrait, zoom, photographic styles, dan sebagainya.
Kualitas Kamera
Kamera termasuk bagus terutama di kondisi terang kayak siang hari. Secara warna kalau dibanding iPhone 16 Pro udah mirip banget. Susah dibedain kalau dilihat dari warnanya aja.
Yang kelihatan di beberapa foto, iPhone 16 suka terangin area shadow. Kalau iPhone 16 Pro area shadow-nya lebih gelap. Kadang bagus diterangin, kadang bikin foto jadi tidak bagus.
**Kamera ultrawide udah bagus, aperture lebih besar dibanding iPhone 15. Kalau dibanding iPhone 16 Pro, yang iPhone 16 Plus sedikit oversharpen. Tapi kalau tanpa dizoom, ultrawide iPhone 16 udah bagus kok. Sekarang kamera ultrawide juga bisa foto makro.
Fusion camera atau kamera utama juga bagus. Dynamic range oke, hasil mirip iPhone 16 Pro. Cuma area shadow lebih diterangin di iPhone 16 biasa. Telefoto cuma ada opsi 2X hasil kurang lebih sama bersama iPhone 16 Pro.
Performa dan Baterai
Performa ngapain aja udah lancar pakai chip A18 serta RAM 8GB. Genshin Impact bisa grafik maksimum 60 FPS lancar. Beberapa game lain juga lancar tanpa masalah.
Baterai awet banget kapasitas lebih besar dari seri 15. iPhone 16 Plus baterainya lebih dari cukup buat seharian. Nonton YouTube 1 jam baterai cuma berkurang 4%. Charging speed juga di-upgrade jadi 25 watt wireless, 30 watt wired.
Harga dan Kesimpulan
Harga iPhone 16 mulai 14,9 juta, iPhone 16 Plus mulai 16,9 juta. Lebih worth it karena rilis telat di Indonesia serta iPhone 17 segera dirilis. Harga lebih oke dibanding harga resmi iPhone biasanya.
iPhone 16 non Pro lebih menarik dibanding iPhone 16 Pro. Selain layar 60 Hz, upgrade kali ini cukup worth it. Terutama kalau upgrade dari iPhone 13, 12 atau yang lebih lama.**