3 Trik Rahasia Optimasi SEO Instagram Terbaru, Bikin Akun Melejit Tahun 2025
- id.pinterest.com
VIVATechno – Persaingan di Instagram semakin ketat pada tahun 2025 ini.
Tak sedikit pengguna yang mengalami stagnasi bahkan penurunan performa akun, meskipun telah mencoba berbagai strategi.
Teknik optimasi SEO Instagram menjadi salah satu solusi yang masih relevan dan efektif untuk memperluas jangkauan akun.
"Ini dia tiga rahasia optimasi SEO Instagram terbaru yang perlu kamu tahu kalau akun Instagrammu followersnya sedikit atau enggak nambah-nambah," ungkap seorang pakar digital marketing dari kanal YouTube Teknobie.
Optimasi Kata Kunci pada Profil
Rahasia pertama untuk meningkatkan performa akun Instagram adalah mengoptimasi kata kunci di profil, terutama pada baris pertama deskripsi.
Algoritma Instagram memberikan prioritas pada akun dengan kata kunci yang sesuai di nama profil dan deskripsi.
Penting untuk menempatkan kata kunci utama di awal deskripsi profil.
Contohnya, jika bisnis Anda berkaitan dengan kuliner di Jogja, pastikan frasa "Kuliner Jogja" muncul di nama profil dan baris pertama deskripsi.
Tidak disarankan menggunakan lebih dari dua kata kunci untuk memaksimalkan fokus.
Strategi ini terbukti efektif untuk menempatkan akun di posisi teratas saat pengguna mencari kata kunci tersebut.
Optimasi Caption dan Hashtag
Rahasia kedua adalah mengoptimasi deskripsi atau caption serta hashtag.
Pastikan kata kunci utama muncul di awal caption untuk memudahkan algoritma mendeteksi relevansi konten.
Untuk hashtag, strateginya bukan hanya sekadar menggunakan hashtag populer, tetapi juga mengoptimasi interaksi pada hashtag tersebut.
Interaksi berupa like, komentar, dan share akan meningkatkan peringkat konten Anda dalam hasil pencarian hashtag.
Jika tidak memiliki komunitas yang cukup besar untuk membantu meningkatkan interaksi, pengguna dapat memanfaatkan jasa agensi sosial media seperti Raja Komen.
Layanan ini menawarkan paket interaksi dengan harga bervariasi, menggunakan akun asli dari Indonesia.
Optimasi Konten Visual dan Audio
Rahasia ketiga adalah mengoptimasi konten visual dan audio. Konten Instagram harus memiliki tampilan menarik dengan warna cerah dan teks yang mudah dibaca.
Untuk konten video, 3-5 detik pertama sangat krusial sebagai "hook" untuk menarik perhatian penonton.
Video harus mampu memicu rasa penasaran dan membuat pengguna menonton sampai akhir.
"Salah satu trik yang menurut gua bisa ngebantuin kamu untuk mempertahankan orang nonton videonya sampai habis," jelas pembicara dari kanal YouTube Teknobie.
Penggunaan audio trending juga dapat meningkatkan jangkauan.
Instagram menyediakan fitur untuk menemukan dan menggunakan audio trending yang dapat diakses melalui tombol "trending audio" pada video.
Dengan menerapkan ketiga strategi SEO Instagram ini, pengguna dapat meningkatkan visibilitas akun mereka dan menarik lebih banyak followers secara organik.
Konsistensi dan pembaruan konten yang berkualitas tetap menjadi faktor pendukung keberhasilan strategi ini.****