WhatsApp Terapkan Batasan Pesan Broadcast untuk Pengguna dan Bisnis
- id.pinterest.com
VIVATechno – WhatsApp telah mengumumkan kebijakan baru yang akan membatasi jumlah pesan broadcast yang dapat dikirim oleh pengguna individu maupun bisnis.
Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi spam yang sering diterima pengguna melalui aplikasi tersebut.
Batasan Pesan Broadcast untuk Pengguna Individu
Dalam beberapa minggu mendatang, WhatsApp akan mulai melakukan uji coba pembatasan pesan broadcast individu.
Pengguna akan diberi batasan bulanan pada jumlah broadcast yang dapat dikirim.
Meta memberikan contoh pembatasan dengan mengizinkan pengguna individu mengirim maksimal 30 pesan broadcast per bulan.
Jika pengguna ingin mengirim lebih banyak pesan ke banyak orang, Meta menyarankan untuk menggunakan fitur pembaruan Status atau saluran sebagai alternatif.
Perubahan untuk Akun Bisnis
Perusahaan juga berencana menerapkan batasan serupa untuk akun bisnis.
Selama ini, akun WhatsApp Business dapat mengirim pesan broadcast secara gratis dan tidak terbatas, namun segera Meta akan memperkenalkan versi berbayar dengan beberapa fitur tambahan.
Dalam beberapa bulan ke depan, Meta akan menguji fitur pesan broadcast baru yang dikhususkan untuk pembaruan produk atau promosi liburan.
Pengguna akun Bisnis juga akan mendapatkan kemampuan untuk menjadwalkan pesan.
Selama masa uji coba, penjual akan menerima 250 pesan khusus secara gratis, setelah itu mereka harus membayar untuk pesan tambahan.
Hingga saat ini, Meta belum mengumumkan harga untuk layanan tambahan tersebut.
Upaya Meminimalisir Spam
Alasan utama WhatsApp menerapkan pembatasan ini adalah untuk memastikan pengguna tetap dapat menerima pesan broadcast sesekali tanpa merasa terbebani oleh spam.
WhatsApp sebelumnya telah mengambil beberapa langkah untuk mengurangi spam di kotak masuk pengguna, seperti membatasi jumlah pesan pemasaran yang diterima pengguna dalam sehari.
Tahun lalu, WhatsApp juga mulai bereksperimen dengan fitur berhenti berlangganan yang memungkinkan pengguna menandai bahwa mereka tidak ingin menerima jenis pesan tertentu dari sebuah bisnis tanpa harus memblokir akun tersebut secara keseluruhan.
Pengembangan WhatsApp Business
Selama beberapa tahun terakhir, WhatsApp Business telah menjadi aset penting bagi Meta dengan pendapatan yang terus meningkat.
Strategi Meta adalah menyediakan aplikasi WhatsApp Business secara gratis untuk pedagang dengan fitur dasar seperti profil bisnis dan kemampuan membuat katalog.
Perusahaan kemudian mengenakan biaya untuk berbagai jenis pesan termasuk pemasaran, utilitas, layanan, dan otentikasi ketika pedagang menggunakan solusi yang didukung oleh API Meta.
Bersamaan dengan perubahan pada sistem pesan broadcast, Meta juga telah mengubah logo aplikasi WhatsApp Business.****