Ketahui Cara Kerja Filter Excel : Fitur Sederhana Tingkatkan Akurasi Analisis Data

M. Excel
Sumber :
  • Pinterest

VIVATechno – Bagi pekerja kantoran, analis data, atau mahasiswa, Microsoft Excel bukan lagi alat asing. Namun, tak semua tahu bahwa fitur filter di Excel bisa menjadi kunci penting untuk meningkatkan akurasi saat mengolah data. 

Beli LCGC Baru atau Mobil Bekas Non-LCGC? Ini Jawaban Objektifnya!

Sebenarnya, fitur filter ini justru menjadi alat yang sangat efisien dalam memilah informasi sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini dijelaskan secara praktis oleh akun TikTok QuBisa.

Dalam salah satu unggahan TikTok edukatifnya, memperkenalkan fitur filter pada Microsoft Excel yang sering luput dimanfaatkan secara maksimal. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyaring dan menyusun data sesuai preferensi.

Cukup dengan Tablet Murah atau Perlu Fitur Premium? Simak Perbandingan Ini!

“Fitur ini tuh simpel tapi powerful, bakal ngebantu banget buat nganalisa data di Excel,” ujarnya.

Langkah penggunaannya cukup mudah:

  • Blok data yang ingin difilter, lalu klik tab Home > Filter. Setelah itu, akan muncul ikon panah di atas setiap kolom data.
  • Ingin menyusun data dari yang terbesar ke terkecil? Pilih kolom, misalnya urutan transaksi, lalu klik Sort Largest to Smallest.
  • Butuh menyusun berdasarkan jumlah kuantitas pembelian terkecil? Klik kolom Quantity, lalu pilih Sort Smallest to Largest.
  • Hanya ingin melihat data tertentu, seperti penjualan kaos ukuran XL dan L? Buka filter di kolom Ukuran, lalu hilangkan centang ukuran S dan M, sehingga hanya data XL dan L yang tampil.
7 Kulkas Dua Pintu Terbaru, Ada Inverter Mulai 3 Jutaan!

Dengan cara sederhana ini, pengguna bisa menghindari kekeliruan saat membaca data dalam jumlah besar. Tak hanya itu, proses analisis menjadi jauh lebih cepat dan fokus.(*)