Motor Matic Lemah di Tanjakan? Ini 6 Cara Biar Bisa Tancap Gas ke Pegunungan

Motor Matic
Sumber :
  • Pinterest

VIVATechno – Pernah ngerasa motor matic kamu seperti berjuang hidup saat nanjak? Padahal gas sudah dipelintir mentok, tapi tetap aja motor melambat dan kamu jadi tontonan warga. Tenang, kamu tidak sendirian.

Yamaha Fazzio vs Honda Stylo: Skutik Retro Modern yang Bikin Dilema, Pilih Gaya Tegas atau Manis?

 

Masalah motor matic kurang tenaga di tanjakan ternyata cukup umum dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tapi kabar baiknya, semua bisa dicegah dan diatasi asal tahu titik lemah motormu.

Murah Bukan Murahan! Ini Alasan Honda PCX 160 CBS Layak Jadi Pilihan

 

 

Spesifikasi Honda Scoopy 2025: Skutik Retro Idaman Kaum Hawa, Diakui Stylish dan Fungsional

Menurut sumber dari laman yamaha, planet ban, dan kanal edukasi otomotif lainnya, setidaknya ada 6 faktor utama penyebab motor matic gagal menanjak:

 

1. Mesin Sudah Lemah

Semakin tua usia motor, performa mesinnya bisa menurun. Akumulasi karbon di piston, silinder, dan ruang bakar bikin pembakaran tidak optimal. Hasilnya? Tenaga motor jadi ngos-ngosan di tanjakan.

 

2. Karburator/Injeksi Kotor

Kalau bahan bakar nggak bisa mengalir dengan baik karena injektor mampet atau karburator kotor, tenaga mesin akan drop. Apalagi saat tanjakan, motor butuh bahan bakar yang lancar.

 

3. Pengapian Tidak Tepat

Waktu pengapian yang tidak akurat bisa membuat ledakan di ruang bakar tidak maksimal. Alhasil, tenaga pun berkurang, terutama saat motor dibebani jalan menanjak.

 

4. Filter Udara Kotor

Sama seperti manusia yang butuh oksigen buat lari, motor juga butuh udara bersih buat pembakaran. Kalau filter udara kamu kotor, motor bakal megap-megap waktu nanjak.

 

5. Ban Botak atau Kurang Angin

Ban yang aus atau kempes bikin traksi berkurang. Apalagi di tanjakan, traksi jadi kunci biar tenaga motor bisa “nempel” ke jalan.

 

6. Masalah CVT, Kopling, atau Transmisi

CVT matic yang aus atau kotor bisa bikin tenaga dari mesin nggak sampai ke roda. Sama kayak ngomong keras tapi nggak ada yang denger—percuma!

 

Solusi Biar Matic Tangguh di Tanjakan

  • Servis Berkala: Cek mesin, CVT, karburator/injeksi, dan filter udara setiap 2.000–3.000 km.
  • Gunakan Oli dan Bensin Berkualitas: Pembakaran lebih optimal, tenaga lebih stabil.
  • Cek Tekanan dan Kondisi Ban: Pastikan ban tidak aus dan tekanan angin sesuai standar pabrikan.
  • Cek Kampas CVT & Roller: Ganti jika sudah aus agar tarikan kembali responsif.
  • Gunakan Mode Manual (Jika Ada): Beberapa matic baru punya fitur ini untuk membantu di tanjakan.
  • Jangan Angkut Beban Berlebih: Ingat, matic punya batas tenaga. Semakin berat, semakin lemah di tanjakan.

 

 

Jadi, sebelum jalan-jalan ke dataran tinggi, pastikan matic kamu dalam kondisi prima. Jangan sampai gagal menanjak bikin gagal healing.(*)