Modifikasi Yamaha Scorpio Japstyle Ungkap Rahasia Suara Knalpot Merdu

Tips Modifikasi Motor
Sumber :
  • Tangkap Layar Youtube ENGGAL MODIFIED

VIVATechno – Bengkel Enggal Modified dari Banyuwangi kembali menghadirkan karya modifikasi terbaru mereka dengan mengerjakan dua unit Yamaha Scorpio bergaya Japstyle.

Honda Vario 125 2025 Telah Hadir, Dilengkapi Fitur Smart Key dan Charger Handphone

Meski memiliki kemiripan dengan gaya Bobber, pemilik bengkel menegaskan bahwa karya ini lebih tepat dikategorikan sebagai Japstyle.

"Kalau Bobber itu cuman di tipe bannya aja pakai gede swalo klasik. Ya kurang untuk masuk ke Bobber itu masih kurang kalau menurut saya," jelas Enggal dari kanal YouTube ENGGAL MODIFIED.

10 Tips Touring Motor, Wajib Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Kedua motor memiliki desain yang hampir identik dengan perbedaan utama hanya terletak pada tangki bahan bakar.

Satu unit menggunakan tangki yang lebih cembung dan bulat, sementara unit lainnya memiliki desain yang lebih ramping dan cenderung kotak bila dilihat dari samping.

Terungkap Penyebab Jupiter Z Susah Hidup Pagi Hari, Begini Solusinya

 

Modifikasi Motor

Photo :
  • Tangkapan Layar Youtube Enggal Modified

 

Untuk bagian stang, bengkel ini memilih menggunakan fat bar ala motocross. "Kenapa biar di bagian atasnya enggak kurus enggak pakai yang setang kecil sampai ke tengah, jadi dilihatnya pun lebih enak lebih padat," tambah Enggal.

Upside down yang digunakan merupakan part original dari Yamaha XSR, Yamaha R25, atau R15. Enggal menyarankan penggunaan part bekas berkualitas dibandingkan variasi aftermarket yang lebih murah.

"Kalau teman-teman mau pakai Upside Down saya sarankan pakai limbah-limbahnya aja. Kalau gak mau pakai barang bekas, beli baru dari Yamaha itu lebih awet," ujar Enggal.

Motor ini menggunakan velg depan ukuran 250 dan belakang 350, dilengkapi dengan ban Swalo klasik ukuran 400 untuk depan dan 450 untuk belakang. Tromol menggunakan part KLX dengan disc brake depan dan belakang.

Untuk mesin, bengkel ini melakukan pengerjaan total dengan finishing sunblasting. Bagian tengah dilapisi powder coating hitam, sementara blok silinder, head, dan kalter kanan-kiri dipoles hingga mengkilap.

Posisi riding motor hasil modifikasi ini cukup ergonomis. Pengendara dengan tinggi 165 cm masih bisa mengendarai dengan nyaman tanpa perlu jinjit berlebihan.

Knalpot custom by EM Custom Part menghasilkan suara yang digambarkan Enggal sebagai "merdu dengan karakter berat di dalam". Ia menjelaskan bahwa suara knalpot bisa berbeda-beda meski menggunakan model yang sama, tergantung pada settingan mesin dan berbagai faktor lainnya.

"Ketika digeber atau dipakai jalan itu suaranya bisa keluar dan enggak yang sampai merusak telinga. Jadi masih terbilang normal aja, enggak begitu keras dan enggak terlalu halus," tutup Enggal.

Motor custom ini menunjukkan bahwa penggunaan part bekas berkualitas bisa menghasilkan tampilan dan performa yang maksimal, dengan tetap memperhatikan aspek kenyamanan berkendara.****