Hindari Kecelakaan, Komponen Mobil Ini Wajib Segera Diganti Jika Rusak
- id.pinterest.com
VIVATechno – Kondisi kaki-kaki mobil menjadi salah satu faktor penting untuk keselamatan berkendara.
Bagian ini sering terabaikan namun dampaknya sangat signifikan terhadap performa dan keamanan kendaraan, terutama saat melewati jalan berlubang atau tidak rata.
Komponen Kaki-Kaki yang Paling Rentan Rusak
Pada mobil dengan usia di atas 10 tahun, beberapa komponen kaki-kaki memiliki potensi kerusakan yang lebih tinggi.
Kerusakan ini umumnya dimulai dari bagian busing member yang berfungsi meredam getaran dari roda agar tidak langsung terasa sampai ke bodi kendaraan.
"Dengan adanya busing-busing seperti ini, karet-karet seperti ini, itu dia akan meredam kejutan dari ban atau roda," jelas teknisi dari AHA Pedia dalam video yang diunggah di kanal YouTube mereka.
Selain busing member, terdapat pula stabilizer, link stabilizer, dan lower arm yang masing-masing memiliki peran penting dalam menjaga kenyamanan berkendara.
Ketika salah satu komponen ini rusak, akan menimbulkan suara berisik seperti "jegluk-jegluk" terutama saat melewati polisi tidur atau jalan tidak rata.
Komponen Paling Berbahaya Jika Rusak
Di antara semua komponen kaki-kaki, ball joint (boljoin) menjadi yang paling berbahaya jika mengalami kerusakan.
Komponen ini berfungsi untuk memegang knuckle yang terhubung langsung dengan roda.
"Yang paling urgen diantara enggak boleh ditinggalkan dan engak boleh diabaikan, itu bunyi boljoin. Ini enggak boleh diabaikan karena ini yang megangin knuckle," ungkap teknisi AHA Pedia.
Jika ball joint sampai lepas, mobil akan sangat sulit dikendalikan bahkan pada kecepatan rendah.
Kerusakan ball joint juga dapat menyebabkan as roda penggerak depan copot, yang berakibat pada kerusakan yang lebih parah dan biaya perbaikan yang lebih besar.
Cara Mengidentifikasi Kerusakan Kaki-Kaki
Kerusakan pada komponen kaki-kaki dapat diidentifikasi dari beberapa tanda. Bunyi ketukan saat melewati jalan tidak rata menjadi indikasi awal adanya masalah.
Selain itu, retakan pada karet pelindung atau keluarnya vaselin dari komponen juga menandakan adanya kerusakan.
Untuk mengecek kondisi kaki-kaki secara fungsional, perlu dilakukan simulasi dengan menggoyang-goyangkan komponen atau melakukan test drive untuk mendeteksi suara tidak normal yang muncul.
Pentingnya Perawatan Berkala
Mobil dengan usia di atas 10-15 tahun sangat disarankan untuk melakukan pengecekan kaki-kaki secara berkala.
Komponen yang sudah aus atau rusak sebaiknya segera diganti untuk menghindari masalah yang lebih serius.
Perawatan berkala seperti pengecekan dan pengencangan baut serta pemeriksaan item-item yang belum diganti perlu dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara.
Jika mobil terasa limbung atau mengeluarkan suara tidak normal, segera lakukan pengecekan ke bengkel untuk mencegah kerusakan yang lebih parah yang dapat mempengaruhi keselamatan berkendara.****