Solusi Motor Matic Tidak Mau Menyala Saat Distarter, Cek Bagian Ini
- id.pinterest.com
VIVATechno – Motor matic merupakan kendaraan yang telah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.
Namun, masalah mendadak seperti motor tidak mau menyala meski sudah distarter kerap terjadi dan tentunya membuat pemilik panik.
Salah satu penyebab umum adalah permasalahan pada kabel standar samping yang putus atau rusak. Kasus ini sering dijumpai pada motor Honda Vario yang seringkali memiliki masalah pada bagian tersebut.
Mengenali Gejala Honda Vario yang Tidak Bisa Distarter
Ketika mengalami masalah, Honda Vario biasanya menunjukkan gejala berupa indikator panel yang menyala normal, namun mesin tidak merespon saat tombol starter ditekan.
Hal serupa juga terjadi saat mencoba menghidupkannya dengan engkol.
"Saat mau dinyalakan, nyala. Tapi waktu mau distarter, dia nggak mau hidup tanpa ada respon sama sekali. Untuk kelistrikan nyala, untuk indikatornya juga nyala," demikian diungkapkan dalam video tutorial dari kanal YouTube Mas Adi Chossy.
Kondisi ini mengindikasikan adanya masalah pada sistem kelistrikan, terutama pada kabel standar samping yang berfungsi sebagai pengaman agar motor tidak dapat dinyalakan saat dalam posisi standar.
Pemeriksaan dan Identifikasi Masalah
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi kabel standar samping.
Pada kasus ini, ditemukan bahwa kabel tersebut putus karena digigit tikus.
Pemeriksaan dapat dilakukan dengan membuka cover depan motor tanpa perlu membongkar jok.
Kabel yang putus biasanya terlihat jelas dengan kondisi isolasi terbuka dan kabel terputus.
"Disini terlihat punthuk kabelnya ini sobek, putus malah. Mungkin ini digigit tikus," kata tutorial tersebut saat menunjukkan kondisi kabel yang rusak.
Solusi Darurat untuk Menyambung Kabel Putus
Untuk penanganan darurat, kabel yang putus dapat disambung langsung tanpa harus membongkar komponen lainnya.
Metode ini sangat membantu terutama saat kondisi darurat dan tidak memungkinkan untuk dibawa ke bengkel.
Langkah-langkah yang dilakukan adalah:
- Kupas kedua ujung kabel yang putus.
- Sambungkan kedua ujung kabel dengan cara menempelkan bagian tembaga.
- Berikan isolasi atau selotip bakar untuk memastikan sambungan aman dan tidak konslet.
Meski solusi ini bersifat sementara, namun cukup efektif untuk membuat motor kembali bisa dinyalakan dan digunakan.
Konsekuensi dan Tindakan Lanjutan
Perlu diperhatikan bahwa penyambungan sementara ini memiliki konsekuensi yaitu fitur keamanan standar samping tidak akan berfungsi.
Ini berarti motor tetap bisa dinyalakan meskipun dalam posisi standar samping.
"Untuk konsekuensinya nanti apabila kita jumper seperti ini, saat standar samping kita posisikan miring atau distandar, dia masih bisa menyala. Jadi fitur settingnya berkurang," jelas video tersebut.
Untuk solusi permanen, disarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi agar kabel dapat diganti dan disambung dengan benar pada soketnya.****