Wajib Tahu, Begini Cara Tepat Memanaskan Motor Sebelum Berkendara di Pagi Hari

Cara Tepat Memanaskan Motor
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno – Kebiasaan memanaskan motor sebelum berkendara masih menjadi ritual wajib bagi sebagian pengendara, terutama saat akan memulai aktivitas di pagi hari.

Jangan Biarkan Mobil Mangkrak! Ini 5 Cara Mudah Rawat Kendaraan yang Jarang Dipakai

Tradisi ini sebenarnya berasal dari era motor berkarburator yang membutuhkan waktu pemanasan agar campuran bahan bakar sempurna.

"Alasan pertamanya kenapa sih harus yang Atin kawasannya kalau untuk motor-motor yang Perlihatkan adalah karena motornya masih pakai karburator," ungkap Devianto Wahjoe melalui kanal YouTubenya.

Jangan Panik Lagi! Begini Cara Mudah Starter Mobil Manual untuk Pemula

Motor berkarburator memang memerlukan waktu pemanasan karena saat mesin dingin, campuran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar belum sempurna.

Kondisi tersebut menyebabkan motor terasa "pincang" atau tidak stabil saat pertama dinyalakan.

5 Cara Efektif Membuat Mesin Mobil Lebih Halus Tanpa Biaya Mahal

Berbeda dengan motor injeksi modern yang telah dilengkapi teknologi canggih dan berbagai sensor.

Motor injeksi dapat langsung digunakan tanpa perlu pemanasan lama karena sistem akan otomatis menyesuaikan campuran bahan bakar sesuai suhu mesin.

Perkembangan teknologi pelumas juga turut berperan dalam perubahan kebutuhan pemanasan motor.

Oli modern dengan spesifikasi seperti 10w-40 tetap dapat mengalir dengan baik bahkan pada suhu minus 50 derajat Celcius.

Meski demikian, pengendara tetap disarankan untuk tidak langsung memacu motor hingga batas maksimal.

"Cukup nyalain motor sambil nunggu kita bisa pakai helm dulu sebentar," jelas Devianto.

Pemanasan singkat ini diperlukan karena komponen logam dalam mesin seperti piston, ring piston, dan klep membutuhkan waktu untuk mencapai ukuran optimal sesuai spesifikasi.

Saat dingin, komponen-komponen tersebut mengalami penyusutan yang dapat menyebabkan getaran berlebih.

Mesin baru dapat dipacu maksimal setelah mencapai suhu operasional yang ditandai dengan indikator suhu pada motor-motor modern.

Bagi pengguna motor tanpa indikator suhu, tanda mesin telah siap adalah ketika terasa hangat saat disentuh.

Pemanasan berlebihan hingga 5 menit seperti yang biasa dilakukan di era motor karburator sudah tidak diperlukan lagi untuk motor injeksi modern.****