Murah Bukan Murahan! Ini Alasan Honda PCX 160 CBS Layak Jadi Pilihan
- AHM
VIVATechno – Di tengah menjamurnya skuter matik premium, Honda PCX 160 hadir sebagai salah satu pilihan populer di segmen menengah. Varian CBS menjadi tipe terbawah, namun jangan buru-buru meremehkan kemampuannya.
Jika melirik harga yang lebih terjangkau, motor ini tetap menawarkan performa dan fitur menarik. Sebagai bagian dari keluarga PCX 160, tipe CBS tetap mengusung DNA yang sama dengan versi ABS dan ABS-RoadSync.
Apa saja yang membuatnya patut dilirik, terutama bagi pencari motor nyaman dan efisien untuk harian? Simak ulasan berikut.
Honda PCX 160 CBS dibekali mesin 156,9 cc, 4 katup, bertenaga 16 hp dan torsi 14,7 Nm—identik dengan varian di atasnya. Mesin ini juga dipakai di Honda ADV 160, meski dengan pengaturan ECU berbeda.
Disarankan menggunakan bensin minimal RON 92 yang mana seluruh varian PCX 160 mengusung rangka double cradle. Tipe CBS menggunakan sistem Combi Brake yang mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan untuk stabilitas pengereman.
Suspensi belakangnya pun setara tipe ABS, dengan model standar berwarna hitam. Untuk kenyamanan boncengan atau solo riding, posisi duduknya cukup lega.
Salah satu nilai jual dari tipe CBS adalah bagasi 30 liter yang dilengkapi seat stopper. Kapasitas besar ini memudahkan penyimpanan barang tanpa perlu tambahan boks belakang.
- Meski satu keluarga, PCX 160 CBS punya beberapa pembeda fisik:
- Pelek hitam doff, sedangkan tipe ABS dan ABS-RoadSync memakai warna emas/bronze.
- Jok polos hitam, berbeda dari jok two tone di tipe atas.
- Suspensi belakang standar tanpa tabung emas seperti di RoadSync.
Harga OTR Jakarta (2024):
- PCX 160 CBS: Rp33,7 juta
- PCX 160 ABS: Rp37,3 juta
- PCX 160 ABS-RoadSync: Rp40,3 juta
Dengan selisih harga cukup signifikan, tipe CBS menawarkan efisiensi tanpa mengorbankan kenyamanan dan gaya.
Maka dari itu, Honda PCX 160 CBS layak jadi opsi bagi kamu yang ingin skuter matik dengan desain modern, ruang bagasi luas, dan kenyamanan berkendara harian.(*)