Motor Tidak Bisa Distater? Ini 11 Penyebabnya, Nomor 6 Sering Terjadi
- pexels
VIVATechno – Motor yang tiba-tiba tidak bisa distarter di tengah aktivitas bisa menjadi mimpi buruk, apalagi jika sedang terburu-buru. Banyak orang langsung menyalahkan aki, padahal penyebabnya bisa jauh lebih beragam.
Penting untuk memahami masalah sejak awal agar tidak panik dan tahu harus mulai dari mana. Menurut laman Planet Ban, ada 11 penyebab umum mengapa motor tidak bisa distarter.
Dengan mengetahui daftar ini, Anda bisa lebih siap mengatasi situasi darurat di jalan. Berikut adalah sebelas penyebab umum motor tidak bisa distarter:
1. Kehabisan Bahan Bakar
Tangki yang kosong bukan hanya membuat motor mogok, tetapi juga bisa merusak pompa bahan bakar karena overheat.
2. Bahan Bakar Tercampur Kotoran
Sering membeli BBM eceran di jalan berisiko tinggi membuat bahan bakar tercampur air atau kotoran, menyebabkan gangguan pembakaran.
3. Aki Soak atau Sudah Tua
Aki yang sudah berusia lebih dari dua tahun biasanya mulai kehilangan performa. Aki lemah tak mampu memberikan daya ke sistem starter.
4. Kabel Putus
Kabel yang aus atau putus bisa menyebabkan starter tidak berfungsi. Jika tidak terdeteksi sejak awal, bisa memicu korsleting.
5. Sekring Putus
Sekring adalah sistem pengaman. Bila putus, aliran listrik terputus. Sekring yang rusak tidak bisa diperbaiki, hanya bisa diganti.
6. Starter Elektrik Kotor
Kerak dan debu di starter elektrik menghambat kinerja. Membersihkannya bisa jadi solusi cepat.
7. Switch Rem Rusak (khusus motor matic)
Switch ini berfungsi membaca posisi standar samping. Jika rusak, sistem akan mengira motor tidak aman untuk distarter.
8. Dinamo Starter Bermasalah
Biasanya ditandai suara berisik atau gemeretak. Dinamo yang rusak tidak dapat menggerakkan mesin.
9. Busi Kotor atau Soak
Busi bermasalah menyebabkan api tidak keluar. Bersihkan ujung busi dengan amplas halus, atau ganti jika sudah tidak layak pakai.
10. Karburator Kemasukan Air
Air bisa masuk lewat celah gas. Ini membuat proses pembakaran terganggu. Air harus dikeluarkan sebelum mesin menyala kembali.
11. Klep Aus
Klep yang tidak menutup rapat akan menyebabkan kebocoran kompresi, membuat mesin sulit menyala meski sudah distarter berkali-kali.
Karena sejatinya, motor yang mogok bisa jadi musibah kecil yang merusak hari. Namun, dengan pemahaman yang tepat dan langkah cepat, Anda bisa mengatasinya dan alangkah lebih baiknya lakukan servis rutin dan jangan abaikan gejala kecil.(*)