Kelebihan dan Kekurangan Mobil Daihatsu Sigra, LCGC Populer di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechno Daihatsu Sigra menjadi pilihan mobil LCGC yang populer di Indonesia.

7 Mobil Bekas Murah Tapi Perawatan Mahal yang Wajib Dihindari

Mobil Sigra yang sudah beredar selama bertahun-tahun ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui calon pembeli.

Review mendalam tentang Sigra dari pengguna yang sudah merasakan langsung selama 5 tahun memberikan gambaran nyata.

Panduan Lengkap Belajar Mengemudi Mobil, Teknik dan Tips untuk Pemula

Pengalaman menggunakan Sigra dalam jangka waktu panjang ini sangat berharga untuk menilai performa sebenarnya.

Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan Sigra secara detail dan objektif.

Kekurangan Daihatsu Sigra

Body Kaleng yang Tipis

Review Jujur Kelebihan dan Kekurangan Blender Yasaka, Begini Kualitasnya!

Kekurangan utama Sigra adalah body yang tergolong tipis atau "kaleng". Konstruksi body Sigra dibuat tipis untuk menghemat biaya produksi dan mengurangi bobot kendaraan.

Ketika diketuk, body Sigra mengeluarkan suara yang cukup nyaring. Hal ini wajar karena Sigra merupakan mobil LCGC dengan target harga terjangkau.

Peredaman Kabin Kurang Maksimal

Kabin Sigra memiliki peredaman suara yang kurang optimal. Sekitar 40-50% suara dari luar masih bisa masuk ke dalam kabin kendaraan.

Suara dari kaki-kaki dan perputaran roda masih terdengar cukup jelas saat berkendara. Junior Ferry menjelaskan, "Kalau kita bawa jalan itu suara dari kaki-kaki maupun perputaran roda itu masih bisa terdengar."

Sistem Pengereman Belum Lengkap

Sigra transmisi manual belum dilengkapi sistem ABS (Anti-lock Braking System). Fitur ABS hanya tersedia pada varian transmisi otomatis saja.

Padahal ABS adalah sistem pengereman penting untuk keselamatan berkendara. Sistem ini mencegah ban terkunci saat pengereman mendadak.

Mesin Mudah Ngelitik

Mesin Sigra cenderung mudah ngelitik atau berbunyi kasar jika menggunakan Pertalite. Mobil ini dirancang untuk menggunakan bahan bakar Pertamax yang oktan lebih tinggi.

Suara ngelitik akan terdengar terutama saat kondisi mesin masih dingin. Penggunaan Pertamax bisa mengurangi masalah ini secara signifikan.

AC Belum Double Blower

Sistem AC Sigra masih menggunakan air recirculator, bukan double blower. Udara dingin dari AC depan disedot kembali untuk dialirkan ke belakang.

Akibatnya, penumpang di baris ketiga kurang merasakan kesejukan AC. Hal ini menjadi kekurangan untuk mobil MPV 7 seater.

Velg Standar Kurang Menarik

Velg bawaan standar Sigra terlihat cukup sederhana atau "cungkring". Untuk tampilan lebih menarik, pemilik biasanya mengganti velg aftermarket.

Namun hal ini wajar mengingat Sigra adalah mobil dengan target harga ekonomis.

Kelebihan Daihatsu Sigra

Harga Terjangkau dan Perawatan Mudah

Kelebihan utama Sigra adalah harga yang sangat terjangkau untuk kalangan menengah bawah. Biaya perawatan Sigra juga relatif murah dan mudah dilakukan.

Spare part tersedia luas di seluruh Indonesia dengan harga kompetitif. Baik spare part original maupun aftermarket mudah ditemukan.

Performa Mesin Cukup Bertenaga

Mesin Sigra menghasilkan tenaga 86,7 HP di 6.000 RPM dan torsi 105 Nm di 4.200 RPM. Performa ini cukup memadai untuk berkendara harian di dalam kota.

Tenaga yang dihasilkan mesin Sigra masih bisa diandalkan untuk berbagai kondisi jalan. Power steering juga membantu kemudahan manuver di area sempit.

Bagasi Terluas di Kelasnya

Sigra memiliki ruang bagasi terbesar dibanding kompetitor di kelas LCGC. Kapasitas bagasi ini unggul dibanding Honda Brio, Datsun GO+, maupun Suzuki Karimun.

Ruang bagasi yang luas sangat membantu untuk keperluan traveling keluarga. Barang bawaan bisa tertampung dengan lebih leluasa.

Fitur Keselamatan Lengkap

Sigra dilengkapi 7 titik safety belt untuk melindungi semua penumpang. Setiap kursi mendapat perlindungan sabuk pengaman yang memadai.

Meskipun belum ada airbag untuk penumpang belakang, fitur safety belt sudah cukup memadai. Standar keselamatan Sigra tergolong baik untuk mobil LCGC.

Sistem Penggerak FWD Efisien

Sigra menggunakan sistem Front Wheel Drive (FWD) yang lebih efisien. Tidak ada gardan belakang sehingga perawatan lebih sederhana dan murah.

Penggantian oli transmisi sudah mencakup oli gardan sekaligus. Hal ini menghemat biaya perawatan rutin secara signifikan.

Fitur Modern yang Menarik

Meski mobil LCGC, Sigra dilengkapi berbagai fitur modern yang menarik. Sein otomatis hanya perlu ditekan setengah untuk menyala 3 kali berturut-turut.

Wiper belakang otomatis menyala saat transmisi di posisi mundur dan wiper depan aktif. Fitur auto-cut mematikan lampu otomatis setelah mobil dikunci untuk menghemat aki.

Sigra tetap menjadi pilihan menarik dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Kekurangan yang ada masih wajar untuk mobil LCGC dengan harga terjangkau.****