Kenapa Toyota Rush Jadi Mobil Populer? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!
- id.pinterest.com
VIVATechno – Toyota Rush memang menjadi fenomena unik di pasar otomotif Indonesia.
Meski banyak yang mengeluh Toyota Rush tidak nyaman dan suspensinya keras, mobil ini tetap laris manis hingga kini.
Toyota Rush bahkan masih terus diproduksi dan diminati konsumen. Padahal dari segi desain dan fitur, Toyota Rush terbilang biasa saja dibanding kompetitor.
Lalu apa yang membuat Toyota Rush begitu istimewa? Ternyata ada beberapa alasan kuat mengapa Toyota Rush masih menjadi pilihan utama keluarga Indonesia.
Sejarah dan Perkembangan Toyota Rush
Awal Mula Toyota Rush di Indonesia
Toyota Rush sebenarnya merupakan bagian dari keluarga besar Daihatsu Terios yang lahir di Jepang.
Toyota Rush pertama kali diproduksi di Indonesia pada tahun 1999 dengan nama Daihatsu Taruna.
Karena orang Indonesia suka mobil yang muat banyak, wheelbase Toyota Rush dibuat lebih panjang dari Terios versi JDM.
Evolusi Generasi Toyota Rush
Nama Toyota Rush baru muncul pada tahun 2006 bersamaan dengan Daihatsu Terios generasi kedua.
Toyota Rush generasi pertama memiliki dua varian yaitu G dan S. Pada tahun 2010, Toyota Rush mendapat facelift pertama dan tahun 2013 varian S diganti dengan TRD Sportivo.
Alasan Toyota Rush Tetap Populer
Penggerak Roda Belakang yang Langka
Menurut Wahyu Ekoo dalam channel YouTube-nya, "Toyota Rush adalah LSUV yang masih menggunakan penggerak roda belakang alias rear wheel drive dan bisa dibilang enggak ada pesaing di kelasnya."
Sistem rear wheel drive membuat Toyota Rush unggul dalam traksi dan kemampuan off-road. Toyota Rush jadi pilihan tepat untuk berbagai medan jalan.
Mesin Terpercaya dan Irit BBM
Toyota Rush menggunakan mesin 2NR-VE 1496 cc DOHC 4 silinder yang sama dengan Avanza.
Mesin Toyota Rush mampu menghasilkan tenaga 104 horsepower dan torsi 138 Nm.
"Karena mesinnya adalah mesin Avanza, otomatis kita enggak perlu khawatir soal perawatan, spare partnya gampang dicari," ungkap Wahyu Ekoo.
Harga Jual yang Terjaga
Brand Toyota memberikan nilai plus tersendiri untuk Toyota Rush. Wahyu Ekoo menyebutkan, "Dengan adanya nama Toyota di depan mobil ini, paling tidak harga jualnya masih bisa bertahan."
Toyota Rush TRD Sportivo tahun 2019 masih dihargai sekitar 200 jutaan rupiah.
Kekurangan Toyota Rush
Suspensi Keras dan Limbung
Toyota Rush memiliki suspensi yang cukup keras terutama saat digunakan dengan penumpang sedikit.
"Kalau dipakai sendiri atau cuma berdua terus ketemu jalan yang enggak rata, kita akan merasakan guncangan yang cukup lumayan terasa," jelas Wahyu Ekoo.
Anehnya meski suspensi keras, Toyota Rush justru cenderung limbung saat berkendara.
Fitur Minimalis
Toyota Rush memiliki fitur yang sangat terbatas dibanding kompetitor sekelasnya.
Fitur yang tersedia hanya power window, start stop engine, stability control, dan tombol AC saja.
Toyota Rush memang bukan mobil sempurna, namun tetap menjadi pilihan terbaik untuk keluarga Indonesia.
Kombinasi kemampuan off-road, perawatan mudah, dan harga jual terjaga membuat Toyota Rush sulit ditandingi.****