Aki Motor Baru Langsung Soak Lagi? Ini 3 Penyebab Utama yang Harus Dicek

Aki Motor Matic Sering Soak
Sumber :
  • YouTube MOTOR Plus

VIVATechno – Pernahkah aki motor Anda baru diganti tapi langsung soak lagi?

5 Cara Ampuh Melepas Baut Oli Dol Motor Tanpa Merusak Mesin

Problem aki motor sering bikin pusing pemilik kendaraan. Padahal aki baru sudah dibeli dengan harga mahal.

Ternyata masalah aki motor yang cepat tekor bukan selalu karena kualitas aki itu sendiri.

Tips Merawat Motor Matic Karbu, Bikin Awet dan Performa Garang!

Ada beberapa penyebab utama di sistem kelistrikan motor yang membuat aki motor tidak awet.

Menurut ahli bengkel spesialis kelistrikan, masalah aki motor yang sering soak biasanya ada di jalur pengisian listrik. Mari kita bahas lebih detail.

Kiprok, Komponen Vital Pengisian Aki Motor

4 Tanda Suara Motor Kehabisan Oli, Waspadai Sebelum Turun Mesin

Penyebab pertama aki motor cepat soak adalah kiprok yang rusak. Kiprok berfungsi mengubah listrik AC menjadi DC dan mengatur arus ke aki motor.

Jika kiprok rusak, tidak ada pengisian listrik yang masuk ke aki motor.

"Kalau kiproknya rusak itu otomatis nggak ada pengisian atau enggak ada arus listrik yang ke aki," jelas reviewer YouTube Gridoto Tips.

Cara mengecek kiprok motor cukup mudah. Pegang kiprok saat mesin menyala, jika tidak ada panas berarti kiprok sudah rusak.

Untuk motor modern seperti Honda dan Yamaha, kiprok sudah menyatu dengan ECU.

Kabel Kelistrikan yang Bermasalah

Penyebab kedua aki motor soak adalah kabel kelistrikan yang rusak. Kabel yang mengelupas bisa menyebabkan arus listrik bocor.

Masalah ini sering terjadi pada motor yang suka dimodifikasi kelistrikannya.

Arus bocor dari kabel tidak hanya membuat aki motor cepat tekor. Risiko kebakaran juga lebih besar jika kabel kelistrikan tidak dipasang dengan benar.

Spul Motor yang Bermasalah

Komponen terakhir yang perlu dicek adalah spul motor. Spul berfungsi seperti generator mini yang menghasilkan listrik untuk aki motor. Ada dua jenis spul, yaitu spul basah dan spul kering.

Spul basah pada motor bebek sering rusak karena oli yang tidak dijaga volumenya. Sedangkan spul kering pada motor matic rusak karena seal yang bocor.

Harga komponen:

  • Kiprok: Rp 150.000 - Rp 400.000
  • Kabel kelistrikan: Rp 50.000 - Rp 200.000
  • Spul: Rp 300.000 - Rp 800.000

Jadi sebelum ganti aki motor yang baru, cek dulu kiprok, kabel, dan spul. Dengan perawatan yang tepat, aki motor akan lebih awet dan tidak mudah tekor.****