Rahasia Sembuhkan Aki Motor Soak Berulang Kali, Cek 3 Komponen Ini
- id.pinterest.com
VIVATechno – Mengganti aki motor berulang kali namun tetap soak menjadi masalah yang sering dialami pengendara. Ternyata, masalah tidak selalu pada aki itu sendiri.
Para pemilik motor sering frustasi ketika menghadapi masalah aki yang terus menerus soak meski sudah mengganti dengan yang baru.
Fenomena ini ternyata memiliki akar masalah yang lebih dalam dari sekadar kualitas aki.
"Jadi kalau teman-teman baru ganti aki soak lagi ganti baru soak lagi jangan ganti aki lagi teman-teman itu ada problem di kelistrikan motor terutama di jalur pengisiannya," ungkap mekanik dalam video yang dipublikasikan MOTOR Plus.
Kiprok Sebagai Tersangka Utama
Kiprok atau regulator rectifier menjadi komponen pertama yang patut dicurigai saat aki terus soak.
Fungsi utama kiprok adalah mengubah listrik AC menjadi DC dan mengatur arus listrik yang masuk ke aki.
Kiprok yang rusak tidak mampu mengisi aki dengan benar, sehingga aki baru pun akan cepat soak.
Beberapa motor modern memiliki kiprok yang menyatu dengan ECU, terutama pada motor dengan starter tipe ACG (Honda) atau SMG (Yamaha).
Memeriksa kondisi kiprok dapat dilakukan dengan cara sederhana yaitu menyentuhnya saat mesin menyala.
Kiprok yang berfungsi baik akan terasa hangat, sedangkan kiprok rusak akan terasa dingin.
Kabel Pembawa Masalah
Jika kiprok dalam kondisi baik namun aki tetap soak, periksalah kondisi kabel kelistrikan motor.
Kabel yang terkupas atau rusak dapat menyebabkan kebocoran arus listrik.
Masalah ini sering terjadi pada motor dengan modifikasi kelistrikan yang tidak memperhatikan aspek keamanan.
Selain membuat aki cepat habis, kebocoran arus juga meningkatkan risiko kebakaran pada kendaraan.
Spul Sebagai Jantung Pengisian
Spul atau yang sering disebut sebagai generator, merupakan komponen yang menghasilkan listrik untuk mengisi aki.
Tanpa pengisian yang baik dari spul, aki baru pun akan cepat soak.
Terdapat dua jenis spul pada motor, yaitu yang terendam oli (untuk motor bebek dan sport) dan spul kering (untuk motor matic seperti Nmax, PCX, dan Aerox).
"Nah mau aki baru pun kalau nggak ada pengisian akan sok lagi teman-teman," jelas narasumber dari kanal YouTube MOTOR Plus.
Pada spul terendam oli, masalah sering terjadi karena volume oli yang dibiarkan berkurang sehingga tidak ada pendinginan yang memadai. Akibatnya, kumparan spul bisa gosong.
Sementara pada spul kering, masalah umumnya terjadi pada seal as pemutar spul yang sudah getas dan bocor, sehingga oli menyebar dan menutupi kumparan spul.
Dengan mengetahui tiga komponen krusial ini—kiprok, kabel, dan spul—pemilik motor dapat mengatasi masalah aki yang terus menerus soak tanpa harus berulang kali mengganti dengan aki baru.****