iPad Pro M4 Review Overkill Tapi Limitasi Software Masih Banyak
- id.pinterest.com
VIVATechno – Tahun 2024 Apple luncurkan iPad Pro M4 sebagai tablet paling powerful saat ini. Chipset M4 bahkan lebih kencang dari MacBook seri terbaru. Pertanyaannya, apakah kecepatan segitu benar-benar dibutuhkan?
Setelah 2 minggu pemakaian, kesimpulannya memang sangat lancar dan menyenangkan. Tapi ternyata kecepatan extreme ini tidak terlalu diperlukan untuk mayoritas pengguna. Banyak orang gak perlu tablet sekencang ini.
Chipset M4 Ugal-Ugalan Kencang
iPad Pro M4 ada dua konfigurasi spek. Versi rendah storage 256-512 GB pakai 9 Core CPU, 10 Core GPU, RAM 8 GB. Versi tinggi 1-2 TB pakai 10 Core CPU, 10 Core GPU, RAM 16 GB.
Perbedaan cukup signifikan terutama dari RAM. Untungnya layar gak dibeda-bedain semua versi. Benchmark ugal-ugalan tinggi banget dan pas dipakai smooth enak lancar nyaman.
Semua versi dapat layar Ultra Retina XDR dengan tandem OLED. Dua panel OLED digabung untuk warna dan dynamic range bagus. Hitam pekat banget warna vibrant kelihatan premium.
Versi 1-2 TB ada opsi Nano Texture Glass seperti papermatte anti glare. Cocok untuk gambar dengan tekstur natural tapi harga lebih mahal. Layar gak ada perlindungan khusus jadi pasang screen protector untuk melindungi.
Performa Gaming Mantap Semua Lancar
Scrubbing editing video enak render cepat. Main game paling enak dengan grafis mentok rata kanan. Genshin Impact, Honkai Star Rail dengan metal effects, Wuthering Waves setting tinggi, Resident Evil Remake semua lancar tanpa masalah.
Mobile gaming perangkat udah mantap banget. Selisih dengan iPad Air M2 gak terlalu signifikan di game mobile. Resident Evil memang sedikit lebih bagus dibanding M2.
Kamera Depan Posisi Landscape Perfect
Posisi kamera pindah ke tengah saat landscape jadi highlight. Nilai plus untuk semua iPad terbaru termasuk iPad Air. Enak banget untuk video call atau online meeting dengan posisi pas.
Magic Keyboard Baru Lebih Premium
Magic Keyboard baru dengan perubahan menyenangkan. Material lebih premium di palmrest, hinge, dan touchpad. Beda banget dari versi sebelumnya yang udah buluk.
Tombol keyboard rasa mirip tapi tambahan function key bikin operasi lebih nyaman. Brightness, volume, recent apps, search spotlight, play/pause media jadi lebih gampang tanpa sentuh layar.
Sayangnya keyboard lama gak bisa connect ke iPad baru. Apple jualan keyboard baru jadi gak kompatibel dengan yang lama.
iPad OS Limitasi Masih Banyak
Untuk browsing, ngetik, email, YouTube sebenarnya iPad Pro M4 udah kelewatan. Bisa dibilang pembelanjaan sia-sia kecuali emang duit lebih. iPad Air atau iPad Pro lama masih sangat cukup tanpa masalah.
Software pun gak banyak perbedaan signifikan. iPad Pro 2020 dan M4 masih sama-sama gak nyaman untuk buka banyak window atau multitasking. Stage Manager gitu-gitu aja gak spesial.
Colokin ke monitor eksternal gak bisa replikasi sistem laptop. Aplikasi banyak yang gak bisa full screen bahkan Final Cut Pro for iPad. Game juga aspect ratio ngikutin iPad belum adaptif ke layar eksternal.
Final Cut Pro iPad Masih Jauh dari MacBook
Final Cut Pro iPad masih sangat jauh dibanding versi MacBook. Apple demo iPad sebagai perangkat powerful tapi aplikasi editing belum bisa akomodir kebutuhan profesional.
Color grading adjustment dikit banget. Gak ada color wheels, curve, slider HSL. Minimal banget kalah sama CapCut dan DaVinci Resolve for iPad. Aneh aplikasi unggulan Apple kalah dari third party padahal berbayar langganan.
LUT dan plugins gak bisa dipakai di FCP iPad. Di MacBook gampang tinggal ceplok. Plugin untuk efek lower third, grafik juga gak bisa digunakan.
FCP iPad cuma untuk editing tahap awal yang ringan. Profesional pasti ujung-ujungnya finishing dibawa ke FCP MacBook karena toolnya lebih proper. Project dari iPad bisa dibuka di MacBook tapi sebaliknya harus convert dulu dan sering error.
Apple Pencil Pro Find My Hanya Portrait
Apple Pencil Pro bisa diputar kursornya pas untuk artis desain grafis. Bisa dipakai di Procreate atau Apple Notes. Squeeze munculin menu dengan tekan badan pensil menyenangkan dan berguna.
Fitur Find My lucu cuma bisa orientasi portrait. Bayangin lagi pakai landscape dengan keyboard, mau cari pensil harus putar ke portrait dulu baru bisa nyari. Aneh tapi nyata entah bug atau emang design Apple.
Siapa Yang Benar-Benar Butuh M4
Dengan spek luar biasa, fitur keren, dan harga mahal, iPad Pro M4 ditujukan untuk pasar konsumen semakin segmented. Apple beberapa tahun terakhir bikin posisi perangkat Pro makin segmented termasuk iPhone.
Yang benar-benar merasakan manfaat chip M4: desainer grafis, arsitek dengan aplikasi berat, seniman artis butuh stylus canggih, profesional gamer pengin performa mobile gaming luar biasa.
Di luar itu, kalau emang ada duitnya dan pengin ganti iPad ya gak apa-apa. Gak dimaksimalin pun gak masalah karena tablet ini bisa dipakai bertahun-tahun. iPad Pro 2020 masih baik-baik aja masuk tahun keempat.**