Bisa Hemat Biaya Marketing Hingga Jutaan Rupiah, BigBox AI Telkom Andalkan Kecerdasan Buatan untuk UMKM

BigBox AI dari Telkom Indonesia
BigBox AI dari Telkom Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVATechno – Persaingan bisnis di era digital semakin ketat dan menuntut strategi pemasaran yang lebih cerdas.

Teknologi kecerdasan buatan atau AI kini menjadi solusi utama bagi pelaku usaha untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

BigBox AI dari Telkom Indonesia hadir sebagai jawaban atas tantangan tersebut.

Inovasi teknologi pemasaran digital terus berkembang pesat di Indonesia.

Pelaku usaha, terutama UMKM, membutuhkan tools yang mampu menganalisis perilaku konsumen secara mendalam.

Solusi berbasis AI seperti BigBox AI menawarkan pendekatan yang lebih personal dan efektif.

Era kustomisasi massal telah dimulai dan mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggannya.

BigBox AI dari Telkom Indonesia

BigBox AI dari Telkom Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Personalisasi layanan bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi sudah menjadi kebutuhan strategis.

BigBox AI menghadirkan teknologi yang memungkinkan segmentasi pelanggan secara otomatis.

Teknologi Segmentasi Otomatis yang Menguntungkan

Perusahaan juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan memanfaatkan solusi BigBox AI dari Telkom Indonesia.

Teknologi mereka mampu mengotomatisasi segmentasi pelanggan, sehingga mempermudah pelaku usaha memberikan penawaran lebih personal.

Analisis Prediktif untuk Retensi Pelanggan

Dilengkapi analisis prediktif, BigBox AI dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengidentifikasi pelanggan-pelanggan yang perlu diretensi agar loyalitasnya terjaga.

"Melalui pendekatan berbasis data, BigBox AI dapat membantu pelaku usaha memperkuat retensi pelanggan secara signifikan. Analisis mendalam yang diberikan BigBox AI mempermudah pelaku usaha memahami pola belanja dan preferensi pelanggan lebih akurat," ujar Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.

Potensi Digital Indonesia yang Berlimpah

Dr. Dimitri Mahayana, Dosen Sekolah Teknik Elektro Informatika ITB, mengatakan, apa yang diberikan BigBox AI kian menunjukkan potensi digital Indonesia yang sudah eksis sekaligus berlimpah sejak lama.

"Termasuk apa yang ditawarkan di Telkom ini. Saya melihat Indonesia punya potensi seperti di luar negeri, baik dari sisi penyedia maupun pasarnya, terlebih potensi itu sudah dalam layanan eksisting Telkom. Tinggal bagaimana pelaku usaha, terutama UMKM, dan juga pasarnya, harus dimunculkan sisi melek produk pada format baru pemasaran digital tersebut," katanya, Selasa (1/7/2025).

Era Kustomisasi Massal dan Strategi Digital

Founder Lembaga Riset Telematika Sharing Vision menjelaskan, era AI saat ini adalah era kustomisasi massal.

Oleh karena itu, layanan BigBox yang sudah dipersonalisasi bisa menjadi key point pada kreasi dan retensi pasar.

"Strategi digital yang semakin banyak diadopsi pelaku usaha idealnya menjadikan BigBox AI sebagai solusi cerdas yang mendukung loyalitas pelanggan yang sustain," katanya.

Fondasi Hubungan Jangka Panjang dengan Pelanggan

Pernyataan tersebut sejalan pandangan para praktisi industri yang menilai bahwa pemanfaatan data dan teknologi kecerdasan buatan kini menjadi fondasi utama dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Dalam konteks ini, personalisasi layanan tidak lagi menjadi nilai tambah semata, melainkan kebutuhan strategis yang mendorong efisiensi dan daya saing bisnis di era digital.

Menurut Komang, BigBox AI adalah bentuk riil kampanye berbasis data yang dipersonalisasi sebagai kunci sukses meningkatkan efektivitas pemasaran serta membangun hubungan pelanggan lebih erat.

BigBox AI berkomitmen terus berinovasi guna memastikan pelaku usaha di Indonesia tetap kompetitif dalam menghadapi persaingan global.

Teknologi AI yang ditawarkan memungkinkan UMKM untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Dengan demikian, loyalitas pelanggan dapat terjaga dalam jangka panjang melalui pendekatan yang lebih personal dan efektif.****