5 Tips Perawatan Motor di Musim Hujan Cegah Karatan

Tips Perawatan Motor di Musim Hujan
Tips Perawatan Motor di Musim Hujan
Sumber :
  • id.pinterest.com

VIVATechnoMusim hujan telah tiba, banyak pengendara motor yang kesulitan merawat kendaraan kesayangannya karena cuaca yang tidak menentu.

Menurut data BMKG, intensitas hujan di beberapa wilayah Indonesia khususnya Jakarta dan sekitarnya cukup tinggi beberapa minggu terakhir.

Kondisi ini membuat pengendara motor perlu lebih memperhatikan perawatan kendaraannya agar terhindar dari kerusakan yang bisa membahayakan keselamatan.

Jangan Biarkan Motor Kotor Terlalu Lama

Merawat motor di musim hujan memerlukan perhatian ekstra, terutama pada kebersihan body motor.

"Jangan pernah biarin motor lu kotor terlalu lama kenapa Karena lumpur-lumpur yang mengering itu gampang banget bikin karat di motor lu Bro terutama di daerah knalpot," ujar kanal YouTube Flocki dalam videonya yang berjudul '5 TIPS MERAWAT MOTOR DIMUSIM HUJAN'.

Lumpur dan kotoran yang mengering dapat mempercepat proses korosi pada bagian-bagian motor.

Sebaiknya cuci motor maksimal sehari setelah terkena hujan dan kotoran jalanan.

Jangan menunda lebih dari semalam untuk menghindari karat yang bisa menyerang berbagai komponen motor.

Isi Bensin Hingga Full Tank

Merawat motor di musim hujan juga termasuk memperhatikan kondisi tangki bensin.

Selalu isi bensin hingga penuh saat motor akan diparkir dalam waktu lama. Hal ini mencegah terbentuknya embun di dalam tangki akibat perbedaan suhu.

Embun yang terbentuk dapat menyebabkan karat pada dinding tangki bensin.

Banyak kasus motor yang baru berusia 2-3 tahun sudah harus mengganti tangki karena masalah ini.

Biaya penggantian tangki bisa mencapai Rp 450.000 hingga Rp 1.200.000 tergantung jenis motor.

Perhatikan Kondisi Rem dan Kaliper

Merawat motor di musim hujan juga berarti lebih sering memeriksa kondisi rem.

Air hujan sering membawa kotoran yang bisa menyangkut di kampas rem dan kaliper.

Kotoran ini bisa mengikis piringan cakram dan menyebabkan lecet bahkan sebelum kampas rem habis.

Saat mencuci motor, mintalah petugas untuk menyemprot bagian kaliper dan kampas rem dengan teliti.

Kondisi rem yang buruk sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara di jalan licin.

Selalu Sediakan Chain Lube

"Biasanya gua selalu sediakan Chain Loop. Kenapa gua pakai Chain Loop? Karena rantai kita itu pasti kena air dari bawah, pasti basah dan itu lama-lama ngapus chopnya," tambah Flocki dalam videonya.

Merawat motor di musim hujan memang tidak lengkap tanpa chain lube.

Rantai yang terendam air hujan bisa kehilangan pelumas dan menyebabkan bunyi berisik saat berkendara.

Harga chain lube di pasaran berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 80.000 per botol.

Keringkan Body Motor Setelah Kehujanan

Merawat motor di musim hujan juga termasuk mengeringkan body motor segera setelah terkena air hujan.

Air hujan yang dibiarkan mengering di permukaan cat dapat meninggalkan bercak yang sulit dihilangkan dan membuat body motor menjadi kusam.

Selalu bawa kanebo atau kain lap untuk mengeringkan motor. Jika memungkinkan, cuci motor dengan steam untuk membersihkan sisa air hujan dan kotoran secara menyeluruh.****