Review BMW R 1300 GS Adventure: Motor Touring Tangguh dengan Fitur Otomatis

- bmw
VIVATechno – BMW R 1300 GS Adventure tampil dengan desain yang gagah dan kokoh, siap menaklukkan berbagai medan. Tangki bahan bakar berkapasitas 30 liter memungkinkan pengendara menjelajah lebih jauh tanpa sering mengisi ulang. Lampu depan berbentuk X khas BMW kini dilengkapi teknologi LED adaptif, memperkuat kesan futuristik.
Dari sisi ergonomi, posisi duduk dirancang lebih nyaman dan fleksibel, dengan stang lebar dan tinggi, jok empuk, serta posisi footpeg yang disesuaikan untuk off-road maupun on-road. Salah satu fitur unggulan adalah automated shift assistant, yang memungkinkan perpindahan gigi otomatis tanpa perlu menarik tuas kopling secara manual, memberikan pengalaman berkendara yang lebih mulus dan intuitif.
Ditenagai mesin boxer 1.300 cc, BMW R 1300 GS Adventure menghasilkan tenaga sekitar 145 hp pada 7.750 rpm dan torsi puncak 149 Nm pada 6.500 rpm. Performa ini memberikan akselerasi responsif di jalanan aspal maupun kestabilan optimal saat melintasi medan off-road yang berat.
Mesin ini juga dirancang dengan fokus pada efisiensi dan ketahanan, dengan teknologi terbaru yang memastikan pembakaran lebih sempurna, konsumsi bahan bakar lebih hemat, serta emisi yang lebih rendah tanpa mengorbankan tenaga. Sistem pendinginan yang telah ditingkatkan menjaga suhu mesin tetap stabil, bahkan saat menempuh perjalanan panjang atau melibas jalur ekstrem.
Tangki bahan bakar berkapasitas 30 liter menjadi salah satu keunggulan utama, memungkinkan pengendara menempuh perjalanan ratusan kilometer tanpa harus sering berhenti mengisi bahan bakar. Desain tangki ini ergonomis dan terintegrasi sempurna dengan bodi motor, sehingga tetap nyaman saat dikendarai dalam durasi panjang.
Fitur adaptive vehicle height control membantu pengendara mencapai tanah lebih mudah dan menawarkan kemudahan dalam pengendalian. Setelah mulai berkendara, motor secara otomatis menaikkan dirinya sebesar 30 milimeter, dan sebelum berhenti, motor akan menurunkan dirinya kembali, memudahkan pengendara untuk turun dan menempatkan motor pada standar tengah dengan bantuan comfort lift assistance.