Cara Hidupkan Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin, Hindari Aki Tekor

- id.pinterest.com
VIVATechno – Pengendara motor injeksi sering kali kebingungan ketika motor mereka kehabisan bensin di jalan.
Banyak yang langsung menstarter setelah mengisi bensin, namun cara ini justru bisa merusak aki.
Motor injeksi memiliki sistem kerja yang berbeda dari motor karburator.
Ketika kehabisan bensin, perlu teknik khusus untuk menghidupkannya kembali.
Perbedaan Motor Injeksi dan Karburator
Motor injeksi tidak mengandalkan kevakuman dari mesin seperti motor karburator.
Pada motor karburator, terdapat membran yang bekerja berdasarkan kompresi untuk menyedot bensin ke bawah.
"Perbedaannya seperti ini teman-teman, kalau motor injeksi itu tidak bisa keluar tidak bisa turun bensinnya karena dia tidak mengandalkan kevakuman dari mesin," jelas sumber dari kanal YouTube AP MBENGKEL MOTOR.
Motor injeksi sepenuhnya mengandalkan pompa bahan bakar (fuel pump) untuk mengalirkan bensin ke injektor.
Ketika bensin habis, mesin dan pompa bahan bakar akan mati secara otomatis.
Kesalahan Umum Menghidupkan Motor Injeksi
Kesalahan yang sering dilakukan adalah langsung menstarter motor setelah mengisi bensin.
Tindakan ini mengakibatkan aki bekerja ekstra untuk memutar motor starter dan mengeluarkan arus listrik yang besar.
Jika bensin belum mengisi seluruh selang dari pompa ke injektor, mesin tidak akan langsung menyala.
Stater berulang kali tanpa bensin yang cukup akan membuat aki cepat tekor.
Banyak pengendara yang panik dan berpikir bahwa motor injeksi mereka rusak ketika kehabisan bensin.
Padahal, masalahnya hanya pada cara menghidupkan yang kurang tepat.
Teknik Tepat Menghidupkan Motor Injeksi
"Cara yang benar adalah kontak, akan nanti pompanya akan nyala, terus matikan lagi kontak lagi sampai injeksinya berhenti, matikan lagi sampai tiga kali atau lima kali, kemudian baru distarter," ungkap narasumber dari AP MBENGKEL MOTOR.
Langkah-langkah yang benar untuk menghidupkan motor injeksi setelah kehabisan bensin adalah:
- Isi tangki dengan bensin secukupnya
- Putar kunci kontak ke posisi ON selama beberapa detik
- Matikan kontak
- Ulangi langkah 2-3 sebanyak 3-5 kali
- Setelah itu, baru starter motor
Teknik ini memberikan waktu bagi pompa bahan bakar untuk mengisi seluruh selang dari tangki ke injektor dengan bensin, menggantikan udara yang terjebak di dalamnya.
Dengan metode ini, aki tidak akan terbebani berlebihan karena arus listrik yang dikeluarkan saat menyalakan kontak jauh lebih kecil dibandingkan saat starter.
Menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin tidak sulit asalkan dilakukan dengan cara yang benar.
Metode kontak ON-OFF beberapa kali sebelum starter akan menghemat aki dan memperpanjang umur komponen kelistrikan motor.
Pengetahuan tentang cara kerja sistem injeksi penting bagi setiap pengendara motor injeksi untuk menghindari masalah dan biaya perbaikan yang tidak perlu.****