Tips Pengereman Motor Matic yang Aman Saat Turunan Curam, Akurasi Keselamatan Tinggi
- id.pinterest.com
VIVATechno – Berkendara motor matic di area pegunungan memerlukan teknik khusus, terutama saat menuruni jalan yang curam. Seorang praktisi roda dua berbagi pengalaman mengendarai Honda Vario 125 CBS tahun 2017 di ketinggian 1.800 mdpl di Kabupaten Kediri.
Salah satu kunci utama dalam mengatasi turunan curam adalah teknik pengereman yang tepat. "Lakukan pengereman ketika hanya pada turunan yang curam aja. Rem kanan kiri kanan kiri ya maksimal 3 detik," ungkap pengendara dalam video yang diunggah di kanal YouTube Henky Chan's Story.
Teknik pengereman bergantian antara rem kanan dan kiri menjadi fokus utama. Pengendara menekankan bahwa rem tidak perlu digunakan terus-menerus pada turunan yang landai.
Honda Vario 125 CBS yang digunakan dalam demonstrasi ini memiliki fitur Combi Brake System (CBS). Sistem ini bekerja dengan cara yang unik: rem kanan hanya menghentikan roda depan, sementara rem kiri bekerja untuk roda belakang pada pengereman normal.
"CBS itu adalah pengereman yang kalau kita rem kanan yang berhenti depan aja. Kalau kita rem kiri biasa yang ngerem belakang. Tapi ketika kita ngerem kiri hard breaking, baru depan belakang berfungsi," jelasnya membantah anggapan umum tentang sistem CBS.
Perawatan rem menjadi aspek krusial dalam keselamatan berkendara. Praktisi ini merekomendasikan penggunaan minyak rem DOT 4 yang memiliki titik didih lebih tinggi dibandingkan DOT 3.
Motor Honda Vario 125 CBS tahun 2017 yang digunakan masih menggunakan selang rem bawaan pabrik. "Saya masih menggunakan bawaan Honda karena ternyata juga masih memenuhi syarat, asalkan kita enggak ngawur makainya," tambahnya.