Motor Kopling Sering Mati di Tanjakan? Ini Teknik yang Jarang Diketahui Biker Pemula!

Belajar Motor Kopling di Tanjakan
Belajar Motor Kopling di Tanjakan
Sumber :
  • YouTube MOTOR Plus

VIVATechno Motor kopling memang butuh teknik khusus saat menghadapi tanjakan curam.

Banyak pengendara pemula yang panik ketika motor kopling tiba-tiba mati di tengah tanjakan.

Masalah motor kopling di tanjakan ini sebenarnya bisa diatasi dengan teknik yang tepat.

Motor kopling tidak akan mati jika kita paham cara mengatur gas dan kopling dengan benar.

Teknik motor kopling di tanjakan berbeda dengan jalan datar. Mari pelajari rahasia teknik motor kopling agar tidak mati lagi di tanjakan.

Mengapa Motor Kopling Sering Mati di Tanjakan?

Motor kopling membutuhkan tenaga ekstra untuk naik ke atas. Berbeda dengan jalan rata, motor kopling di tanjakan tidak bisa dilepas begitu saja tanpa gas.

"Motor butuh tenaga buat naik ke atas, jadi gas harus ditinggikan dulu," jelas reviewer dari channel Gridoto Tips.

Motor kopling akan mati jika tidak ada tenaga yang cukup untuk melawan gravitasi.

Teknik Dasar Motor Kopling di Tanjakan

1. Tinggikan RPM Sebelum Melepas Kopling

Motor kopling di tanjakan memerlukan RPM yang lebih tinggi. Gas harus dinaikkan hingga sekitar 3000-3500 RPM sebelum kopling dilepas.

Teknik motor kopling ini berbeda dengan jalan datar yang hanya butuh 1000-1200 RPM.

"Gasnya harus kita tinggikan dulu, gas ditinggikan dan dilepas koplingnya secara perlahan," tambah reviewer tersebut.

2. Lepas Kopling Secara Bertahap

Motor kopling di tanjakan tidak boleh dilepas secara mendadak. Kopling harus dilepas perlahan sambil mempertahankan gas tinggi.

Saat motor kopling mulai naik, baru kopling bisa dilepas sepenuhnya. Teknik motor kopling ini mencegah mesin mati mendadak.

3. Gunakan Rem untuk Menahan, Bukan Kopling

Kesalahan umum pengendara motor kopling adalah menahan di tanjakan dengan kopling setengah. Hal ini membuat kampas kopling cepat aus atau terbakar.

"Kalau dalam keadaan berhenti kayak gini, lebih baik kita tahan pakai rem," saran reviewer. Motor kopling akan awet jika tidak dipaksa menahan beban dengan kopling.

Kesalahan yang Harus Dihindari

Jangan pernah menahan motor kopling di tanjakan dengan tenaga mesin. Motor kopling yang dipaksa menahan dengan kopling setengah akan merusak komponen.

Selalu gunakan rem tangan atau rem kaki untuk menahan motor kopling saat berhenti di tanjakan.

Motor kopling di tanjakan tidak lagi jadi masalah jika tekniknya benar.

Tingkatkan RPM, lepas kopling perlahan, dan gunakan rem untuk menahan. Motor kopling pun awet dan aman.****